Pedoman Akademik FE UMSU

BAB I

GAMBARAN UMUM DAN SEJARAH PERKEMBANGAN

FAKULTAS EKONOMI ? UMSU

  1. A. Sejarah Berdirinya Fakultas Ekonomi UMSU

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara disingkat dengan UMSU merupakan salah satu dari lembaga pendidikan dalam Persyarikatan Muhammadiyah, didirikan pada tanggal 29 Pebruari 1957 atas prakarsa beberapa tokoh dan ulama Muhammadiyah diantaranya H.M. Bustami Ibrahim, D.Diyar Karim, Rustam Thayib, M. Nur Haitami, Kadiruddin Pasaribu, Dr. Darwis Datuk Batu Besar, H. Syaiful U.A, Abdul Mu?thi dan Baharuddin Latif.

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara sejak awal berdirinya menempati Kampus Jalan Gedung Arca Medan kemudian sejalan dengan semakin bertambahnya jumlah mahasiswa, pada tahun 1989 UMSU melakukan pengembangan kampus dengan sebutan Kampus II di Jalan Demak Medan dan pada tahun 2002 membuka kampus III di Jalan Kapt. Mukhtar Basri No.3 Medan yang merupakan rencana sebagai Pusat administrasi dan kampus terpadu. Tahun 2005 seluruh perkuliahan di kampus Gedung Arca (kampus I) dipindahkan ke Kampus III (Kampus Utama) dan kampus I dikembangkan menjadi tempat kegiatan perkuliah Program Pascasarjana dan Fakultas Kedokteran.

Pada awal berdirinya Fakultas Ekonomi bermula dari dibukanya Akademi Akuntansi dan Niaga (AAN) pada tahun 1977 jenjang pendidikan Diploma, kemudian pada tahun 1980 berubah nama menjadi Fakultas Ekonomi dengan jenjang pendidikan Strata I mengasuh tiga jurusan/program studi : Manajemen, Akuntansi dan Studi Pembangunan mendapat pengakuan dari menteri Pendidikan dan Kebudayaan dengan status Terdaftar masing-masing pada tahun 1982, 1986 dan 1991.

Perjalanan selanjutnya Fakultas Ekonomi melakukan pengembangan dengan mengusulkan kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan untuk membuka program Akuntansi Perpajakan jenjang pendidikan Diploma I dan III. Realisasinya pada tahun 1990 turun keputusan Mendikbud status Terdaftar program studi Manajemen Perpajakan jenjang pendidikan Diploma I dan III. Seiring waktu ternyata program studi Manajemen Perpajakan yang diminati oleh calon mahasiswa adalah jenjang Diploma III hingga saat sekarang.

Fakultas Ekonomi merupakan salah satu fakultas yang ada di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), saat ini Fakultas Ekonomi memiliki 4 (empat) program studi yang terdiri dari :

  1. Program Studi Akuntansi (S1),
  2. Program Studi Manajemen (S1),
  3. Program Studi Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan (S1), dan
  4. Program Studi Manajemen Perpajakan (D3).

?

Konsentrasi perencanaan strategis pengembangan fakultas ekonomi adalah aspek-aspek strategis dalam penyelenggaraan dan pengembangan ekonomi. Aspek-aspek strategis yang dimaksud meliputi :

  1. Kinerja penyelenggaraan pendidikan,
  2. Kinerja penyelenggaraan penelitian dan karya tulis ilmiah,
  3. Kinerja pengabdian masyarakat,
  4. Kinerja manajemen fakultas yang meliputi bidang manajemen sumberdaya manusia, keuangan.

  1. B. Visi, Misi, dan Tujuan

?

  1. 1. Visi, Misi, dan Tujuan Fakultas Ekonomi UMSU

?

Fakultas Ekonomi UMSU memiliki visi sebagai : Pusat keunggulan ilmu pengetahuan dan teknologi, melahirkan sarjana ekonomi yang profesional, mandiri, memiliki daya saing ditingkat nasional maupun internasional dalam mewujudkan tridarma perguruan tinggi berdasarkan nilai-nilai islam dan kemuhammadiyahan.

?

Fakultas Ekonomi UMSU memiliki misi :

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran sesuai dengan kebutuhan pasar untuk menghasilkan sumber daya manusia yang profesional dibidang ilmu ekonomi, akuntansi, manajemen dan manajemen perpajakan dengan sarana dan prasarana belajar modern yang berbasis teknologi dan informasi.
  2. Mengembangkan ilmu pengetahuan melalui penelitian ilmiah untuk menghasilkan temuan-temuan baru dibidang ilmu ekonomi, akuntansi, manajemen dan manajemen perpajakan yang dapat diabdikan kepada masyarakat demi kemaslahatan umat.

?

Tujuan Fakultas Ekonomi dalam pelaksanakan tridarma perguruan tinggi :

  1. Menghasilkan sarjana ekonomi yang memiliki integritas keilmuan dan kperibadian yang berlandaskan nilai-nilai islam kemuhammadiyahan.
  2. Menghasilkan sarjana ekonomi yang handal dan profesional dalam bidang keilmuan dan teknologi serta memiliki daya saing nasional dan internasional.
  3. Menghasilkan sarjana ekonomi yang tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dibidang ilmu ekonomi, akuntansi, manajemen dan manajemen perpajakan.
  4. Menghasilkan tenaga ahli yang profesional, terampil, mandiri dan peka terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta berguna bagi pembangunan nasional.

Sasaran :

  1. Menyiapkan lulusan yang memiliki kemampuan profesionalime yang tinggi dibidang akuntansi, manajemen, perpajakan dan ilmu ekonomi yang ?Anggun dalam moral, Unggul dalam intelektual.?
  2. Menyiapkan lulusan yang berfikir ilmiah, bertindak rasional serta bertanggung jawab sesuai dengan tingkat keahliaannya serta jurusan masing-masing.
  3. Menyiapkan lulusan yang siap mengikuti perkembangan ilmu dan teknologi di era global berlandaskan keimanan dan profesionalisme yang dimiliki.
  4. Menyiapkan lulusan yang memiliki kemampuan akademik untuk menlanjutkan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi.

  1. 2. Visi, Misi, dan Tujuan Program Studi Manajemen

?

Visi :

Pusat keunggulan pembelajaran manajemen bisnis untuk melahirkan sarjana berilmu, berketrampilan, memiliki jiwa usaha dan berakhlak Islami.

?

Misi :

  1. Meyelenggarakan pendidikan bidag manajemen modern diiringi dengan penanaman nilai-nilai Islam dan kepribadian kemuhammadiyahan
  2. Menyelenggarkan pendidikan bidang manajemen dengna mengacu kepada perkembangan teori-teori manajemen kontemporer yang adaptif dengan tuntutan lingkungan
  3. Meyelenggarakan pendidikan manajemen yang berorientasi kepada pengembangan ketrampilan, kewirausahaandan teknologi untuk mempersiapkan lulusan yang siap pakai di dunia industri
  4. Menyelenggarakan penelitian di bidang olmu manajemen untuk di aplikasikan kepada penciptaan lapangan kerja, masyarakat industri maupun masyarakat umum

?

Tujuan :

  1. Terselenggaranya proses pendidikan yang mampu melahirkan lulusan manajemen berakhlak mulia, berilmu, dan terampil di bidangnya, serta memiliki jiwa kewirausahaan
  2. Terselenggaranya proses pembelajaran yang berkualitas yang menacu kepada tuntutan perkembangan kurikulum dan pasar tenaga kerja
  3. Terbentuknya kemitraan antra program studi dengan instasi luar khususnya dengan dunia industri

?

  1. 3. Visi, Misi, dan Tujuan Program Studi Akuntansi

?

Visi :

Menjadikan program studi akuntansi sebagai wadah yang menghasilkan sarjana muslim yang ahli, profesional, jujur dan bertanggung jawab, adaptif dalam menghadapi persaingan di era global.

?

Misi :

  1. Menyelenggarakan pendidikan bidang akuntansi dan keuangan modern yang adaptif dengan tuntutan lingkungan diiringi dengan penanaman nilai-nilai Islam universal dan kepribadian ke-Muhammadiyahan;
  2. Menyelenggarakan penelitian akuntansi untuk pengembangan ilmu pengetahuan di bidang akuntansi yang berlandaskan kompetensi, teknologi, etika, dan tanggungjawab sosial;
  3. Mengimplementasikan ilmu akuntansi sebagai wujud pengabdian kepada dunia profesi khususnya dan masyarakat pada umumnya.

?

Tujuan :

  1. Menghasilkan Sarjana Akuntansi yang memahami dan menguasai ilmu akuntansi, teknologi informasi dan berjiwa tauhid, serta berkarakter profesional dan mandiri, sehingga dapat membantu mengatasi semua persoalan baik di tingkat lokal maupun internasional.
  2. Menghasilkan penelitian yang tanggap terhadap perubahan dan kemajuan iptek serta masalah-masalah kemasyarakatan yang terkait dengan bidang akuntansi dan bisnis
  3. Mewujudkan pengabdian kepada masyarakat berdasarkan penerapan iptek dan hasil penelitian kepada dunia profesi dan masyarakat.

?

  1. 4. Visi, Misi, dan Tujuan Program Studi Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan

?

Visi :

Pusat ekunggulan pendidikan dan pembangunan ilmu ekonomi sehingga dapat menhasilkan sarjana ekonomi yang berilmu dan profesional, mampu menghadapi perubahan baik secara nasional maupun global dan konsisten pada nilai nilai Islam.

?

Misi :

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran pada bidang ilmu ekonomi yang diiringi dengan nilai nilai Islam dan kemuhammadiyahan
  2. Menyelnggarakan pendidikan dan peneltian yang mendukung pembangunan daerah dan nasional, pengabdian kepada masyarakat serta mengembangkan IPTEK dengan mengoptimalkan pengguanaan sumber daya yang tersedia.

?

Tujuan :

  1. Menghasilkan sarjana ekonomi yang memiliki kompetensi tinggi dalam menganalisis, mengevaluasi dan memformulasikan fenomena ekonomi bisnis baik secara mikro dan makro.
  2. Menghasilkan sarjana ekonomi yang memiliki kemampuan praktis dalam menerapkan konsep, teori dan pengetahuan di bidang ekonomi
  3. Menghasilkan sarjana ekonomi yang profesional dan memiliki wawasan yang luas berjiwa tauhid sehingga mampu mengatasi persoalan ekonomi regional maupun internasional.
  4. Menghasilkan sarjana ekonomi yang mandiri dan mampu menganalisa serta menjabarkan pemecahan persoalan secara konsepsional ilmiah kedalam langkah-langkah operasional.

?

  1. 5. Visi, Misi, dan Tujuan Program Studi Manajemen Perpajakan (D3)

Visi :

Pusat keunggulan pembelajaran manajemen perpajakan modern untuk melahirkan Ahli Madya berilmu, berketrampilan, dan berakhlak Islami

?

Misi :

  1. Menyelenggarakan pendidikan bidang manajemen perpajakan modern diiringi dengan penanaman nilai-nilai Islam, dan kepribadian kemuhammadiyahan.
  2. Menyelenggarakan pendidikan bidang manajemen perpajakan dengan mengacu kepada perkembangan undang-undang dan peraturan-peraturan pemerintahan di bidang perpajakan
  3. Menyelenggarakan pendidikan bidang manajamen perpajakan yang berorientasi kepada pengembangan ketrampilan dan teknologi untuk mempersiapkan lulusan yang siap pakai dalam bidang perpajakan
  4. Menyelenggarakan praktek kerja lapangan di bidang perpajakan di kantor pelayanan pajak yang ada di Sumatera Utara dan di aplikasikan kepada masyarakat industri maupun masyarakat umum.

?

Tujuan

  1. Terselenggaranya proses pendidikan yang mampu melahirkan lulusan D-3 Manajemen Perpajakan berakhlak mulia, berilmu, dan terampil serta ahli di bidangnya
  2. Terselenggaranya proses pembelajaran berkualitas yang mengacu kepada tuntutan perkembangan kurikulum dan pasar tenaga kerja
  3. Terbentuknya kemitraan antara program studi dengan instasi pemerintah khususnya Kanwil Ditjen Pajak Propinsi Sumatera Utara dan dunia usaha

  1. C. Senat Fakultas

Senat Fakultas Ekonomi UMSU merupakan badan normatif dan perwakilan tertinggi di tingkat Fakultas yang diatur dalam Statuta. Senat Fakultas Ekonomi UMSU diketuai oleh Dekan, didampingi oleh seorang Sekretaris yang dipilih di antara para anggota Senat Fakultas Ekonomi UMSU. Senat Fakultas Ekonomi UMSU terdiri atas Pimpinan Fakultas Ekonomi UMSU, para Ketua Program Studi, dan perwakilan dari dosen tetap Fakultas Ekonomi UMSU yang selanjutnya diatur dalam statuta dan pedoman akademik Universitas.

  1. D. Pimpinan Fakultas dan Program Studi

Sejak berdirinya sampai sekarang Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara adalah sebagai berikut :

Periode Pertama (1978-1988)          :  Suparman, SH, SE

Periode Kedua (1988-1993)            :  Drs. H. Asrarrudin, ZA, MM

Periode Ketiga (1993-2001)            :  H. Bahdin Nur Tanjung, S.E, M.M

Periode Keempat (2001-2009)         :  H. Muis Fauzi Rambe, SE, MM

Periode Kelima (2009-2013)            : Zulaspan Tupi, SE, M.Si 

?

Pimpinan Fakultas Ekonomi dan Program Studi UMSU periode 2009-2013 sebagai berikut :

Dekan                                                              : Zulaspan Tupti, SE, M.Si

Wakil Dekan Bidang Akademik                     : Januri, SE, MM, M.Si

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan            : Sukma Lesmana, SE, M.Si

Ketua Program Studi Manajemen                   : Hazmanan Khair Pasaribu, SE, MBA

Sekretaris Program Studi Manajemen : Ade Gunawan, SE, M.Si

Ketua Program Studi Akuntansi                     : DR. Widya Astuti, SE, M.Si, Ak, QIA

Sekretaris Program Studi Akuntansi               : Elizar Sinambela, SE, M.Si

Ketua Program Studi IESP                             : Dra. Hj. Lailan Syafina, M.Si

Sekretaris Program Studi IESP                       : Radiman, SE, M,Si

Ketua Program Studi Man. Perpajakan          : Jasman Syarifuddin, SE, M.Si

Sekretaris Program Studi Man.Perpajakan     : Fahrul Arifin, SE, M.Si

  1. E. Pelaksana Teknis Administrasi

Pelaksana teknis administratif merupakan unsur penyelenggaraan dan pelaksana teknis pelayanan administrasi bidang administrasi akademik dan administrasi umum di tingkat Fakultas Ekonomi UMSU. Satuan pelaksana yang menyelenggarakan kegiatan berbentuk staff dan sub bagian akademik yang terdiri dari :

  1. Staff Tata Usaha, di pimpin oleh : Afdhal, Sy, SH, MM
  2. Sub Bagian Umum, di pimpin oleh : Rahmadsyah, SE, MM
  3. Sub Bagian Manajemen dan IESP, di pimpin oleh : Agusri, SH
  4. Sub Bagian Akuntansi dan Perpajakan, di pimpin oleh : Roni Parlindungan, SE

  1. F. Lembaga dan Laboratorium

Disamping pelaksana teknis administrasi, Fakultas Ekonomi UMSU juga memiliki lembaga dan staff laboratorium tingkat Fakultas yang merupakan unsur penunjang proses akademik dan pengembangan sumber daya manusia di lingkungan fakultas, yang terdiri dari :

  1. Lembaga Manajemen Bisnis SIGMA, yang dipimpin oleh : Hj. Dewi Andriani, SE, MM
  2. Laboratorium Kewirausahaan, yang dipimpin oleh : Lila Basmala, ST, M.Si
  3. Laboratorium Akuntansi dan Pajak, yang dipimpin oleh : Hj. Hafsah, SE, M.Si

BAB II

SISTEM PENERIMAAN MAHASISWA BARU DAN DAFTAR ULANG

A.  Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru/Pindahan

1.   Mahasiswa Baru

a.   Syarat dan prosedur pendaftaran mahasiswa baru

  1. Berijazah/Tanda lulus SMA sederajat.
  2. Membayar uang pendaftaran.
  3. Mengisi dan mengembalikan formulir pendaftaran.
  4. Menyerahkan pasfoto terbaru hitam putih ukuran 2x3 sebanyak dua lembar.
  5. Bagi warga negara asing (WNA) kecuali berijazah SLTA harus mendapat persetujuan Depdiknas RI.
  6. Calon mahasiswa harus datang sendiri ketempat pendaftaran dalam waktu yang telah ditentukan.

b.   Ujian Masuk

  1. Calon mahasiswa yang memenuhi syarat pendaftaran diberi kartu tanda peserta ujian untuk digunakan dalam ujian masuk.
  2. Materi ujian masuk ditentukan oleh Panitia Ujian yang ditetapkan oleh Universitas.
  3. Waktu dan tempat ujian masuk serta pengumuman hasil ujian ditentukan oleh Universitas.
  4. Calon mahasiswa yang lulus ujian masuk diumumkan melalui keputusan Panitia Ujian diketahui oleh Pimpinan Universitas.
  5. Tanda peserta ujian diserahkan kepada bagian daftar ulang untuk mendapatkan formulir daftar ulang dan pembayaran SPP, SKS dan Dana Pengembangan Pendidikan (DPP).

c.   Materi Ujian

Ujian untuk seleksi calon mahasiswa baru UMSU program Sarjana dan Ahli Madya menggunakan pola Test Potensi Akademik   (TPA), materi ujian meliputi :               a. kemampuan   verbal, b. kemampuan numerik,   c. kemampuan logika & penalaran, dan d. kemampuan spasial. Untuk Program Studi Pendidikan Dokter materi ujian seperti diatas ditambah dengan Psikotes dan Wawancara. Sedangkan untuk Program Magister materi ujian yang ujikan hanya Bahasa Inggris.

d.   Prosedur daftar ulang mahasiswa baru

  1. Calon mahsiswa yang telah dinyatakan lulus, mendaftar kebagian pelayanan Universitas untuk memperoleh formulir daftar ulang dan Nomor Pokok Mahasiswa, disertai dengan :
    1. 3 (tiga) lembar foto copy ijazah SLTA dan sederajat yang telah dilegalisir oleh instansi yang berwenang.
    2. 3 (tiga) lembar foto copy Nilai Ujian Nasional
    3. Pasfoto terbaru hitam putih, ukuran 3x4 sebanyak 3 lembar
    4. 1 (satu) lembar surat keterangan sehat dari dokter, Klinik Universitas.
    5. 1 (satu) lembar surat keterangan pemeriksaan urine/narkoba dari dokter Klinik Universitas.
    6. Calon mahasiswa selanjutnya membayar uang kuliah (SPP), uang SKS dan uang Dana Pengembangan Pendidikan (DPP) ke Bank yang ditunjuk oleh Universitas.
    7. Setelah syarat-syarat di atas dipenuhi, calon mahasiswa menerima dari bagian pelayanan Universitas :
      1. 1 (satu) lembar kuitansi pembayaran uang SPP, SKS dan DPP.
      2. 1 (satu) lembar Kartu Rencana Studi Sementara (KRSS) untuk di serahkan kepada Fakultas.
      3. Dengan kuitansi dan formulir KRSS, mahasiswa mengambil Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan di bagian pelayanan Universitas.

e.   Ketentuan-ketentuan lain

  1. Mahasiswa baru yang mengundurkan diri karena sebab lain, uang kuliah yang telah dibayarkan dapat dimabil kembali dengan potongan sebesar 25 % dari komponen SPP dan DPP dengan menunjukkan bukti surat permohonan di ketahui oleh orang tua/wali.
  2. Calon mahasiswa baru yang dinyatakan lulus ujian masuk dan tidak mendaftarkan diri sebagai mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan sampai batas waktu yang ditentukan, dianggap mengundurkan diri.
  3. Calon mahasiswa baru yang membatalkan pendaftarannya, uang formulir yang telah dibayarkan tidak dapat diambil kembali.
  4. Calon mahsiswa baru yang dinyatakan tidak lulus ujian masuk, tidak dapat mengikuti ujian pada gelombang berikutnya pada tahun akademik yang sama.

2.   Mahasiswa Pindahan

  1. Mahasiswa pindahan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan, terdiri dari:
    1. Mahasiswa pindahan antar jurusan/program studi dalam lingkungan fakultas.

Mahasiswa suatu jurusan/program studi yang menghendaki pindah ke jurusan/program studi lain, mengajukan permohonan pindah jurusan/program studi kepada pimpinan fakultas. Atas dasar persetujuan tersebut mahasiswa mengajukan permohonan kepada Rektor.

  1. Mahasiswa pindahan antar fakultas

Mahasiswa suatu fakultas yang menghendaki pindak kefakultas lain dalam lingkungan Universitas Muhammadiyah Sumnatera Utara Medan, mengajukan permohonan kepada Dekan asal fakultasnya dan juga kepada Dekan fakultas yang dikendaki.

Atas dasar persetujuan Dekan fakultas tersebut, Rektor menerbitkan surat persetujuan pindahnya.

  1. Mahasiswa pindahan dari luar Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan
    1. Mahasiswa tersebut dapat mengajukan permohonan pindah ke Fakultas dan Jurusan/Program Studi yang dipilih dan diberlakukan sebagai mahasiswa baru.
      1. Prosedur Daftar Ulang Mahasiswa Pindahan.
        1. Mengajukan permohonan selambat-lambatnya 1 (satu) bulan sebelum tahun akademik dimulai.
        2. Mahasiswa yang bersangkutan setuju dengan konversi/kesetaraan mata kuliah yang ditetapkan oleh Pimpinan Fakultas yang dituju.
        3. Mengisi formulir pendaftaran sama dengan mahasiswa baru reguler.
        4. Bersedia membayar uang kuliah (SPP), uang SKS dan DPP yang berlaku pada tahun akademik yang berjalan ketika yang bersangkutan mendaftarkan diri.
        5. Persyaratan-persyaratan :
          1. Surat permohonan yang bersangkutan ditujukan kepada Rektor.
          2. Surat Rekomendasi dari rektor asal mahasiswa pindahan.
          3. Foto copy ijazah SLTA/sederajat yang telah dilegalisir rangkap tiga.
          4. Foto copy transkrip nilai dari perguruan tinggi asal yang telah dilegalisir
          5. Melampirkan foto copy status akreditasi program studi asal.
          6. Syarat lainnya sama dengan persyaratan mahasiswa baru.

B.  Daftar Ulang Mahasiswa Lama

Mahasiswa lama adalah mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan yang telah melakukan daftar ulang pada awal semester tahun akademik berjalan. Mahasiswa ini mempunyai hak untuk mengikuti kegiatan pada semester berikutnya setelah melakukan pendaftaran ulang (her-registrasi).

Prosedur daftar ulang sebagai berikut :

  1. Mengisi formulir daftar ulang rangkap 2 (dua).
  2. Membayar uang SPP dan uang SKS sesuai ketentuan.

Setelah memenuhi ketentuan diatas mahasiswa akan memperoleh Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) tahun akademik berjalan dari bagian pelayanan UMSU.

C.  Daftar Ulang Mahasiswa Aktif Kembali.

Beberapa persyaratan bagi mahsiswa yang akan aktif sebagai berikut :

  1. Membuat surat permohonan yang ditujukan kepada Dekan Fakultas. Atas dasar persetujuan Dekan yang bersangkutan mengajukan permohonan kepada Rektor.
  2. Foto copy Kartu Hasil Studi (KHS) semester 1 sampai dengan semester terakhir dijalani yang bersangkutan, 1 (satu) set.
  3. Menyelesaikan administrasi akademik dan keuangan sesuai dengan ketentuan yang berlaku di UMSU.

D.   Nomor Pokok Mahasiswa (NPM).

Kepada mahasiswa baru dan mahasiswa pindahan diberikan Nomor Pokok Mahasiswa (NPM) yang memuat kode-kode angka sebanyak 10 angka terdiri atas urutan sebagai berikut :

  1. angka ke 1-2 kode tahun angkatan;
  2. angka ke 3-4, kode nomor urut Fakultas ;
  3. angka ke 5-6 kode nomor urut program studi;
  4. angka ke 7-10 nomor urut mahasiswa dalam buku pokok maha?siswa;
  5. setiap tahun akademik baru nomor urut mahasiswa dimulai dari nomor 0001;
  6. khusus kepada mahasiswa pindahan diberi kode tambahan?P di belakang kode nomor urut mahasiswa.
  7. NPM berlaku tetap selama menjadi mahasiswa UMSU

?

E.    Laporan Pembelajaran

Setiap pertengahan bulan Oktober pada semester ganjil dan pertengahan bulan April pada semester genap, Rektor melaporkan maha?siswa baru/mahasiswa pindahan dan mahasiswa aktif melalui laporan Evaluasi Program Studi Berbasis Evaluasi Diri (EPS-BED) kepada Koordinator Kopertis Wilayah I NAD-Sumut untuk diteruskan kepada Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.


BAB IV

PERATURAN AKADEMIK

A. Satuan Kredit Semester (SKS)

1.   Landasan Hukum

  1. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional
  2. Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 1999, tentang Pendidikan Tinggi
  3. SK Mendiknas RI Nomor 232/U/2000, Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa.
  4. SK Mendiknas RI Nomor 045/U/2002, Kurikulum Inti Pendidikan Tinggi.

2.   Pengertian Sistem Kredit Semester

Sistem Kredit Semester, disingkat Sistem SKS, adalah suatu sistem penyelenggaraan pendidikan di mana beban studi mahasiswa, beban kerja tenaga pengajar, dan beban penyelenggaraan program lembaga pendidikan, dinyatakan dalam satuan kredit semester.

a.  Satuan kredit semester.

Satuan kredit semester disingkat sks, adalah satuan yang digunakan untuk menyatakan besarnya beban studi mahasiswa, beban kerja tenaga pengajar, serta beban penyelenggaraan lembaga pendidikan selama satu semester melalui kegiatan terjadwal per minggu sebanyak 1 jam perkuliahan atau 2 jam praktikum, atau 4 jam kerja lapangan, yang masing-masing diiringi oleh sekitar 1- 2 jam kegiatan terstruktur dan sekitar 1 - 2 jam kegiatan mandiri.

  1. Semester

Semester adalah satuan waktu kegiatan terkecil untuk menyatakan lamanya suatu program pendidikan dalam satu jenjang pendidikari, yang terdiri atas 18 sampai 20 minggu kuliah atau kegiatan terjadwal lainnya, berikut kegiatan iringannya, termasuk 2 sampai 4 minggu kegiatan penilaian.

  1. Semester Pendek
    1. Semester pendek merupakan program perkuliahan yang dilaksanakan pada waktu libur semester genap.
    2. Semester pendek bertujuan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk memperbaiki Indeks Prestasi dan menolong mahasiswa yang hampir drop out.

d.   Nilai Kredit

1.     Nilai Kredit Perkuliahan.

Program semester yang berintikan kuliah berbobot 1 sks meliputi kegiatan-kegiatan dengan sukatan waktu dalam setiap minggu selama satu semester adalah : 50 menit kegiatan tatap muka terjadwal antara mahasiswa dan dosen dalam bentuk kuliah di kelas, 60 menit kegiatan akademik terstruktur; kegiatan studi tidak terjadwal tetapi direncanakan oleh dosen dan 60 menit kegiatan akademik mandiri; kegiatan akademik yang tidak direncanakan oleh dosen tetapi dilakukan oleh mahasiswa secara mandiri untuk mendalami bahan perkuliahan.

2.     Nilai Kredit Praktikum.

Program semester yang berintikan praktikum di laboratorium berbobot 1 sks meliputi kegiatan-kegiatan dengan sukatan waktu dalam setiap minggu selama satu semester adalah 100 menit ( 2 x 50 menit ) kegiatan praktikum terjadwal di laboratorium, 60 menit kegiatan akademik terstruktur dan 60 menit kegiatan akademik mandiri.

3.     Nilai Kredit Kerja Lapangan/Praktikum Lapangan.

Program semester yang berintikan kerja lapangan, atau yang sejenis, dengan bobot 1 sks selama satu semester dipakai pedoman waktu 4 - 5 jam setiap minggu atau 75 jam di lapangan yang dapat dipadatkan dalam satu bulan penuh @ 3 jam sehari.

  1. Nilai Kredit Mata Kuliah.

Tiap mata kuliah diberi nilai kredit sesuai dengan sifat dan tiap mata kuliah, nilai ditentukan 1,2,3,4 dan khusus untuk magang dan skripsi masing-masing 4 sks dan 6 sks.

e.   Tujuan Sistem Kredit Semester.

1.   Tujuan Umum

Untuk memenuhi tuntutan pembangunan dalam bidang pendidikan memungkinkan penyajian program pendidikan yang bervariasi sehingga memberi kemunginan penyelesaian program berdasarkan kemampuan dan kesempatan yang dimiliki mahasiswa untuk berprestasi.

2.   Tujuan Khusus

  1. Memberi kesempatan kepada mahasiswa yang cakap dan berkemampuan agar dapat menyelesaikan studi dalam waktu yang lebih singkat.
  2. Memberi kesempatan kepada mahsiswa mengambil bidang studi (mata kuliah) yang sesuai dengan minat, bakat dan kemampuannya.
  3. Mempermudah penyesuaian perubahan dan penyempurnaan kurikulum dai waktu ke waktu dengan perkembangan ilmu dan teknologi.
  4. Memberi kemungkinan kepada sistem evaluasi untuk enilai kemajuan mahasiswa dalam perkuliahan dengan sebaik-baiknya.
  5. Memberi kemungkinan terjadinya transfer kredit antar jurusan, fakultas dalam Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan atau dengan perguruan tinggi yang sejenis.

?

B.  Kurikulum

1.   Landasan Hukum

  1. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional
  2. Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 1999, tentang Pendidikan Tinggi
  3. SK Mendiknas RI Nomor 232/U/2000, tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa.
  4. SK Mendiknas RI Nomor 045/U/2002, tentang Kurikulum Inti Pendidikan Tinggi.
  5. Keputusan Dirjen Dikti Depdiknas RI Nomor 38/Dikti/Kep/2002, tentang Rambu-Rambu Pelaksanaan Kuliah Pengembangan Kepribadian.

?

2. Kurikulum Berbasis Kompetensi

Kurikulum pendidikan tinggi adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi maupun bahan kajian dan pelajaran serta cara penyampaian dan penilaiannya yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan belajar-mengajar di perguruan tinggi. Sedangkan kurikulum berbasis Kompetensi (KBK) diarahkan pada hasil lulusan yang memiliki kualifikasi :

a.   Bagi lulusan program Sarjana Strata Satu diharapkan :

  1. menguasai dasar-dasar ilmiah dan keterampilan dalam bidang keahlian tertentu sehingga mampu menemukan, memahami, menjelaskan, dan merumuskan cara penyelesaian masalah yang ada di dalam kawasan keahliannya;
  2. mampu menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dimilikinya sesuai dengan bidang keahliannya dalam kegiatan produktif dan pelayanan kepada masyarakat dengan sikap dan perilaku yang sesuai dengan tata kehidupan bersama;
  3. mampu bersikap dan berperilaku dalam membawakan diri berkarya di bidang keahliannya maupun dalam berkehidupan bersama di masyarakat;
  4. mampu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau kesenian yang merupakan keahliannya.

b. Bagi lulusan Diploma Tiga diarahkan pada lulusan yang menguasai kemampuan dalam bidang kerja yang bersifat rutin maupun yang belum akrab dengan sifat-sifat maupun kontekstualnya, secara mandiri dalam pelaksanaan maupun tanggungjawab pekerjaannya, serta mampu melaksanakan pengawasan clan bimbingan atas dasar keterampilan manajerial yang dimilikinya.

Kurikulum yang dilaksanakan pada penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran program-program studi UMSU atas dasar kurikulum yang terdiri dari kurikulum nasional dan kurikulum lokal yang terdiri dari kelompok-kelompok :

  1. Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK);
  2. Mata Kuliah Keilmuan dan Ketrampilan (MKK);
  3. Mata Kuliah Keahlian Berkarya (MKB);
  4. Mata Kuliah Perilaku Berkarya (MPB);
  5. Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat (MBB).

Disamping itu kurikulum didukung oleh Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian terdiri dari :

  1. Al-Islam dan Kemuhammadiyahan;
  2. Pendidikan Pancasila;
  3. Pendidikan Kewarganegaraan

Mata kuliah Al-Islam dan Kemuhammadiyahan tersebut di bawah ini dicantumkan sebagai bagian keseluruhan kelompok MPK yang terdiri atas :

  1. Aqidah di Semester I;
  2. Ibadah di Semester II;
  3. Akhlak di Semester III;
  4. Mu?amalah di Semester IV;
  5. Perkembangan Pemikiran Islam di Semester V;
  6. Konstitusi Muhammadiyah di Semester VI;
  7. Manajemen Organisasi Muhammadiyah di Semester VII.

Khusus mata kuliah pengembangan (MPK) Mata kuliah Al-Islam dan Kemuhammadiyahan tersebut diatas berada di bawah pembinaan Lembaga Islam dan Muhammadiyah (LIM).

?

?

?

Struktur Kurikulum dari masing-masing program studi yang ada di lingkungan Fakultas Ekonomi UMSU adalah sebagai berikut :

?

  1. a. Kurikulum Program Studi Manajemen

Sem.

Mata Kuliah

SKS

Prasyarat

Teori

Praktek

Jlh.

Kode

Lab

Lap

1

PK

Pancasila dan Kewarganegaraan

3

0

0

3

?

PK

Aqidah

1

0

0

1

?

KB

Bahasa Inggris ? 1

1

0

0

1

?

KB

Komputer ? 1

0

1

0

1

?

KK

Pengantar Bisnis

3

0

0

3

?

KB

Pengantar Akuntansi/Lab

3

3

0

6

?

KK

Matematika Ekonomi

3

0

0

3

?

KK

Ekonomi Mikro

3

0

0

3

?

2

PK

Ibadah

1

0

0

1

?

KB

Komputer ? 2

0

1

0

1

4

KB

Bahasa Inggris ? 2

1

0

0

1

?

KK

Manajemen

3

0

0

3

5

KK

Ekonomi Makro

3

0

0

3

?

KK

Statistik Ekonomi

3

0

0

3

7

KB

Kewirausahaan

3

0

0

3

5

KK

Akuntansi Biaya

3

0

0

3

6

KK

Bisnis Syariah

3

0

0

3

?

3

PK

Akhlak

1

0

0

1

?

KB

Bahasa Inggris ? 3

1

0

0

1

?

KB

Komputer ? 3

0

1

0

1

?

KK

MSDM

3

0

0

3

12

PB

Perilaku Organisasi

3

0

0

3

?

KK

Akuntansi Manajemen

3

0

0

3

6

KK

Lembaga Keuangan

3

0

0

3

?

KK

Perekonomian Indonesia

3

0

0

3

4, 13

KB

Strategi Kewirausahaan

3

0

0

3

15

4

PK

Muamalah

1

0

0

1

?

KB

Bahasa Inggris ? 4

1

0

0

1

?

KB

Komputer ? 4

0

1

0

1

10

KK

Manajemen Produksi

3

0

0

3

12

KK

Manajemen Keuangan

3

0

0

3

12,16,23

KK

Manajemen Pemasaran

3

0

0

3

12

KK

Manajemen Perbankan

3

0

0

3

24

KB

Perencanaan dan Pengembangan Bussiness Plan

3

0

0

3

26

KK

Perpajakan

3

0

0

3

?

5

PK

Perkembangan dan Pemikiran Islam

1

0

0

1

?

KB

Bahasa Inggris ? 5

1

0

0

1

?

KB

Komputer ? 5

0

1

0

1

10

KK

Penganggaran

3

0

0

3

16,23

KK

Operasi Riset

3

0

0

3

?

KK

Metodologi Penelitian

3

0

0

3

14

KK

Ekonomi Bisnis Internasional

3

0

0

3

25

KK

Manajemen Resiko

3

0

0

3

?

KB

Workshop Kewirausahaan

0

3

0

3

34

6

PK

Konstitusi Muhammadiyah

1

0

0

1

?

KB

Bahasa Inggris ? 6

1

0

0

1

?

KB

Komputer ? 6

0

1

0

1

38

KK

Penelitian Manajemen

3

0

0

3

41

PB

Pengembangan Kepribadian

3

0

0

3

22

KK

Studi Kelayakan Bisnis

3

0

0

3

31

KB

Kompetensi Manajemen 1

3

0

0

3

?

KB

Kompetensi Manajemen 2

3

0

0

3

?

KB

Kompetensi Manajemen 3

3

0

0

3

?

7

PK

Manajemen Organisasi Muhammadiyah

1

0

0

1

?

KK

Manajemen Strategi

3

0

0

3

12

KK

Sistem Informasi Manajemen

2

0

0

2

?

KK

Ekonomi Managerial

3

0

0

3

?

PB

Komunikasi Bisnis

2

0

0

2

KB

Kompetensi Manajemen 5

3

0

0

3

KB

Kompetensi Manajemen 6

3

0

0

3

KB

Kompetensi Manajemen 7

3

0

0

3

8

BB

Kuliah Kerja Manajemen/Magang

0

4

0

4

?

BB

Skripsi

0

6

0

6

?

Jumlah SKS Keseluruhan

134

22

0

156

?

Mata Kuliah Kompetensi Manajemen Pemasaran

No

Semester

Mata Kuliah

SKS

1

6

Perancangan dan Pengembangan Produk

3

2

6

Manajemen Periklanan

3

3

6

Manajemen Penjualan

3

4

7

Manajemen Pemasaran Strategik

3

5

7

Perilaku Konsumen

3

6

7

E-Commerce (pendekatan pemasaran)

3

Mata Kuliah Kompetensi Manajemen Keuangan

No

Semester

Mata Kuliah

SKS

1

6

Manajemen Modal Kerja

3

2

6

Manajemen Biaya

3

3

6

Manajemen Perkreditan

3

4

7

Analisis Laporan Keuangan

3

5

7

Instrumen Keuangan Derivatif

3

6

7

Manajemen Keuangan Internasional

3

Mata Kuliah Kompetensi Manajemen Sumber Daya Manusia

No

Semester

Mata Kuliah

SKS

1

6

Manajemen Pengadaan

3

2

6

Hubungan Karyawan

3

3

6

Pengembangan SDM

3

4

7

Manajemen Kompensasi

3

5

7

Audit Kinerja MSDM

3

6

7

Manajemen Kinerja

3

Mata Kuliah Kompetensi Manajemen Ritel

No

Semester

Mata Kuliah

SKS

1

6

Dasar-dasar Bisnis Ritel

3

2

6

Manajemen Persediaan Ritel

3

3

6

Display dan Planogram

3

4

7

Merchandising

3

5

7

Manajemen Pelayanan Prima

3

6

7

Aplikasi Teknologi Ritel

3

Mata Kuliah Kompetensi Manajemen Perbankan

No

Semester

Mata Kuliah

SKS

1

6

Manajemen Operasional Perbankan

3

2

6

Lalu Lintas Pembayaran Dalam Negeri dan Luar Negeri

3

3

6

Manajemen Administrasi Perbankan

3

4

7

Manajemen Asuransi

3

5

7

Manajemen Perbankan Syariah

3

6

7

Manajemen Pemasaran Perbankan

3

Mata Kuliah Kompetensi Manajemen Training

No

Semester

Mata Kuliah

SKS

1

6

Psikologi Pendidikan

3

2

6

Desain Kurikulum Pelatihan

3

3

6

Pengembangan Materi Pelatihan

3

4

7

Pengembangan Media dan Evaluasi Pelatihan

3

5

7

Creative & Systemic Thinking

3

6

7

Public Speaking

3

Mata Kuliah Kompetensi Manajemen Informasi

No

Semester

Mata Kuliah

SKS

1

6

Sistem Penunjang Keputusan

3

2

6

Manajemen Data Base

3

3

6

Pengantar Teknologi Informasi

3

4

7

Manajemen Proyek Sistem Informasi

3

5

7

Etika Profesi Informatika

3

6

7

E-Commerce (pendekatan TI)

3

?

?

?

  1. b. Kurikulum Program Studi Akuntansi

Smt

Kode MK

Nama Mata Kuliah*

Bobot sks



(1)

(2)

(3)

(4)


I

MPK 71012

PANCASILA

2

?

?

MPK 71112

STUDI ISLAM

2

?

?

EKK 71223

PENGANTAR EKONOMI MIKRO

3

?

?

EKK 71323

MANAJEMEN

3

?

?

EKK 71424

PENGANTAR BISNIS

4

?

?

EKK 71523

P.AKUNTANSI/ LAB AKUNTANSI

3

?

?

EKK 71622

MATEMATIKA EKONOMI

2

?

?

EKK 71721

B INGGRIS

1

?

?

EKK 71821

PENGANTAR APLIKASI KOMPUTER

1

?

II

MPK 72012

KEWARGANEGARAAN

2

?

?

MPK 72111

STUDI ISLAM 1

1

?

?

EKK 72222

PENGANTAR HUKUM BISNIS

2

?

?

EKK 72322

PENGANTAR EKONOMI MAKRO

2

?

?

EK 72423

STATISTIK EKONOMI

3

?

?

EKK 72521

BAHASA INGGRIS BISNIS

1

?

?

EKK 72621

KOMPUTER 1

1

?

?

MKB 72733

MANAJEMEN KEUANGAN

3

?

?

MKB 72833

AKUNTANSI KEUANGAN 1

3

?

?

MPB 72933

AKUNTANSI BIAYA

3

?

III

MPK 73011

STUDI ISLAM 2

1

?

?

EKK 73123

STATISTIK EKONOMI LANJUTAN

3

?

?

EKK 73221

BAHASA INGGRIS BISNIS 2

1

?

?

EKK 73321

KOMPUTER 2

1

?

?

MKB 73433

AKUNTANSI KEUANGAN 2

3

?

?

MKB 73533

AKUNTANSI MANAJEMEN

3

?

?

MKB 73633

AKUNTANSI SEKTOR PUBLIK

3

?

?

MKB 73733

AKUNTANSI PERBANKAN

3

?

?

MKB 73833

PRILAKU ORGANISASI

3

?

IV

MPK 74011

STUDI ISLAM 3

1

?

?

EKK 74121

BAHASA INGGRIS BISNIS 3

1

?

?

EKK 74121

KOMPUTER 3

1

?

?

MKB 74333

AKUNTANSI KEUANGAN LANJUTAN 1

3

?

?

MKB 74433

PERPAJAKAN 1

3

?

?

MKB 74533

PEMERIKSAAN AKUNTANSI 1

3

?

?

MKB 74633

T PORTOFOLIO & ANALISIS

3

?

?

MKB 74733

AKUNTANSI INTERNASIONAL

3

?

?

MKB 74843

AKUNTANSI SYARIAH

3

?

V

MPK 75011

STUDI ISLAM 4

1

?

?

EKK 75121

BAHASA INGGRIS BISNIS 4

1

?

?

EKK 75221

KOMPUTER 4

1

?

?

EKK 75323

METODE PENELITIAN

3

?

?

EKK 75433

AKUNTANSI KEUANGAN LANJUTAN 2

3

?

?

MKB 75533

PENGANGGARAN/ BUDGETING

3

?

?

MKB 75633

PEMERIKSAAN AKUNTANSI

3

?

?

MKB 75733

TEORI AKUNTANSI

3

?

?

MPB 75833

PERPAJAKAN 2

3

?

VI

MPK 76011

STUDI KEMUHAMMADIYAHAN 1

1

?

?

EKK 76123

PEREKONOMIAN INDONESIA

3


?

EKK 76221

BAHASA INGGRIS BISNIS 5

1

?

?

MKB 76321

KOMPUTER 5

1

?

?

MKB 76433

PENELITIAN AKUNTANSI

3

?

?

MKB 76533

STUDI KELAYAKAN BISNIS

3

?

?

MKB 76633

SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN

3

?

?

MKB 76633

PILIHAN KOSENTRASI

3

?

?

MPB 76843

BISNIS SYARIAH

3

?

VII

MPK 77011

STUDI KEMUHAMMADIYAHAN 2

1

?

?

MKB 77133

MANAJEMEN STRATEGI

3

?

?

MKB 77232

SISTEM INFORMASI AKUNTANSI

2

?

?

MKB 77333

PILIHAN KOSENTRASI

3

?

?

MKB 77433

PILIHAN KOSENTRASI

3

?

?

MKB 77533

PILIHAN KOSENTRASI

3

?

?

MPB 77643

AKUNTANSI KEPRILAKUAN

3

?

?

MPB 77743

SEMINAR AKUNTANSI

3

?

VIII

MBB 78053

KULIAH KERJA AKUNTANSI

3

?

?

MBB 78154

SKRIPSI AKUNTANSI

4

?

Total sks

154

?

?

?

Semester

Kode MK

Nama MK (pilihan)

Bobot sks

(1)

(2)

(3)

(4)

VI

MKB 76 733

AKUNTANSI PERPAJAKAN

3

?

MKB 76 733

MANAJEMEN BIAYA

3

?

MKB 76 733

PEMERIKSAAN PAJAK

3

?

MKB 76 733

ANALISA LAPORAN KEUANGAN

3

VII

MKB 77 333

AKUNTANSI SEKTOR PUBLIK LANJUTAN

3

?

MKB 77 333

KEUANGAN INTERNASIONAL

3

?

MKB 77 333

MANAJEMEN KEUANGAN LANJUTAN

3

?

MKB 77 433

MANAJEMEN KEUANGAN INTERNASIONAL

3

?

MKB 77 433

SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN 2

3

?

MKB 77 433

INTERNAL AUDIT

3

?

MKB 77 533

AUDIT 3

3

?

MKB 77 533

ANALISA LAPORAN KEUANGAN

3

?

MKB 77 633

PERPAJAKAN INTERNASIONAL

3

?

MKB 77 633

PERPAJAKAN 3

3

Total sks

42

  1. c. Kurikulum Program Studi Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan

Sem.

Kode MK

Mata Kuliah

SKS

Prasyarat

Teori

Praktek

Jlh.

Lab

Lap

1

EIE10011

Aqidah

1

0

0

1

?

EIE20021

Bahasa Inggris 1

1

0

0

1

?

EIE20031

Komputer -1

0

1

0

1

?

EIE10043

Pancasila dan Kewarganegaraan

3

0

0

3

?

EIE20053

Pengantar Ekonomi Mikro

3

0

0

3

?

EIE20066

Pengantar Akuntansi dan lab

3

3

0

6

?

EIE20073

Matematika Ekonomi ? 1

3

0

0

3

?

EIE20083

Pengantar Bisnis

3

0

0

3

?

2

EIE10091

Ibadah

1

0

0

1

?

EIE20101

Bahasa Inggris - 2

1

0

0

1

?

EIE20111

Komputer ? 2

0

1

0

1

?

EIE20122

Aspek Hukum dalam Ekonomi

2

0

0

2

?

EIE20132

Komunikasi Bisnis

2

0

0

2

?

EIE20142

Kewirausahaan

2

0

0

2

?

EIE20153

Matematika ekonomi -2

3

0

0

3

C / 7

EIE20163

Manajemen

3

0

0

3

?

EIE30173

Ekonomi Koperasi

3

0

0

3

?

EIE20183

Pengantar Ekonomi Makro

3

0

0

3

?

3

EIE10191

Akhlak

1

0

0

1

?

EIE20201

Bahasa Inggris ? 3

1

0

0

1

?

EIE20211

Komputer ? 3

0

1

0

1

?

EIE20223

Bank dan Lembaga Keu Lainnya

3

0

0

3

?

EIE20233

Statistik Ekonomi ? 1

3

0

0

3

C / 15

EIE30243

Sejarah Pemikiran Ekonomi

3

0

0

3

?

EIE30253

Ekonomi Pembangunan ? 1

3

0

0

3

C / 18

EIE20263

Ekonomi Mikro -1

3

0

0

3

C / 5

EIE20273

Ekonomi Makro     -1

3

0

0

3

C / 18

4

EIE10281

Mu'amalah

1

0

0

1

?

EIE20291

Bahasa Inggris ? 4

1

0

0

1

?

EIE20301

Komputer ? 4

0

1

0

1

?

EIE30313

Ekonomi Internasional ? 1

3

0

0

3

C / 5

EIE20323

Statistik Ekonomi ? 2

3

0

0

3

C / 23

EIE30333

Ekonomi Pembangunan -2

3

0

0

3

C / 25

EIE30343

Ekonomi Publik -1

3

0

0

3

C / 5

EIE20353

Ekonomi Mikro - 2

3

0

0

3

C / 26

EIE20363

Ekonomi Makro ? 2

3

0

0

3

C / 27

5

EIE10371

Studi Islam ? 5

1

0

0

1

?

EIE20381

Bahasa Inggris ? 5

1

0

0

1

?

EIE20391

Komputer ? 5

0

1

0

1

?

EIE30403

Ekonomi Internasional ? 2

3

0

0

3

C / 31

EIE20413

Ekonomi Regional

3

0

0

3

?

EIE30423

Ekonomi Publik ? 2

3

0

0

3

C / 34

EIE30433

Ekonomi Moneter ? 1

3

0

0

3

C / 18

EIE20443

Metode Peneltitian Ekonomi

3

0

0

3

C / 32

EIE20453

Perekonomian Indonesia

3

0

0

3

C / 18

6

EIE10461

Studi Islam ? 6

1

0

0

1

?

EIE20471

Bahasa Inggris ? 6

1

0

0

1

?

EIE30483

Ekonomi Moneter ? 2

3

0

0

3

C / 43

EIE30493

Ekonometrika

3

0

0

3

C / 32

EIE30503

Ekonomi Perkotaan

3

0

0

3

?

EIE30513

Ekonomi SDA Dan Lingkungan

3

0

0

3

C / 5

EIE20523

Perencanaan Pembangunan Daerah 1)

3

0

0

3

?

EIE20533

Manajemen Keuangan Daerah 1)

3

0

0

3

?

?

EIE20543

Bisnis Internasional 2)

3

0

0

3

?

?

EIE20553

Kebijakan Perdagangan Internasional 2)

3

0

0

3

C/40

?

EIE20563

Akuntansi Perbankan 3)

3

0

0

3

C/6

?

EIE20573

Manajemen Perbankan 3)

3

0

0

3

?

7

EIE10581

Studi Islam 7

1

0

0

1

?

EIE30593

Evaluasi Proyek

3

0

0

3

?

EIE20603

Teori portofolio dan Analisis Investasi

3

0

0

3

?

EIE30613

Ekonomi SDM dan Ketenaga kerjaan

3

0

0

3

C / 5

EIE20623

Operasi Riset

3

0

0

3

?

EIE40632

Pengembangan Kepribadian

2

0

0

2

?

EIE20643

Masalah dan Kebijakan Pembangunan 1)

3

0

0

3

?

EIE20653

Akuntansi sektor Publik 1)

3

0

0

3

C/6, C/34

EIE20663

Manajemen Keuangan Internasional 2)

3

0

0

3

?

EIE20673

Keuangan dan Pembiayaan Internasional 2)

3

0

0

3

?

EIE20683

Manajemen Bank Syariah 3)

3

0

0

3

?

EIE20693

Kebanksentralan 3)

3

0

0

3

?

8

BB50654

Kuliah Kerja Ekonomi/Magang

4

0

0

4

?

BB50666

Skripsi

6

0

0

6

?

Jumlah SKS Keseluruhan

156

?

  1. d. Kurikulum Program Studi Manajemen Perpajakan

Sem

Mata Kuliah

SKS

Prasyarat

K

Praktikum

Jlh

Lab.

Lap.

1

Pancasila dan Kewarganegaraan

3

0

0

3

?

Aqidah

1

0

0

1

?

Pengantar Bisnis

3

0

0

3

?

Pengantar /Lab. Akuntansi

2

2

0

4

?

Ilmu Ekonomi

3

0

0

3

?

Matematika Ekonomi

2

0

0

2

?

Kett.Umum & Tata Cara Perpajakan

3

0

0

3

?

Bahasa Inggris Bisnis 1

1

0

0

1

?

Komputer -1

1

0

0

1

?

Jumlah SKS

19

2

0

21

2

IBADAH

1

0

0

1

?

Bahasa Inggris Bisnis 2

1

0

0

1

?

Komputer 2

1

0

0

1

?

Kett.Umum & Tata Cara Perpajakan Lanjutan

3

0

0

3

KUP

Statistika Ekonomi

2

0

0

2

?

Manajemen

3

0

0

3

?

Pengantar dan Hukum Bisnis

2

0

0

2

?

PBB, BPHTB, Pajak Daerah & Restribusi Daerah

3

0

0

3

KUP

Akuntansi Biaya

3

0

0

3

Peng. Akuntansi

Akuntansi Keuangan 1

3

0

0

3

Peng. Akuntansi

Jumlah SKS

22

0

0

22

3

Ibadah

1

0

0

1

?

Bahasa Inggris Bisnis 3

1

0

0

1

?

Komputer 3

1

0

0

1

?

Akuntansi Keuangan Lanjutan

3

0

0

3

Akt. Keuangan 1

PPh OP

3

0

0

3

KUP

Lab. PPh OP

0

3

0

3

?

Prilaku Organisasi

3

0

0

3

?

PPh Badan

3

0

0

3

KUP

Lab. PPh Badan

0

3

0

3

?

Jumlah SKS

15

6

0

21

4

Muamalah

1

0

0

1

?

Bahasa Inggris Bisnis 4

1

0

0

1

?

Komputer 4

1

0

0

1

?

Akuntansi Perpajakan

3

0

0

3

Peng. Akuntansi

PPN, PPnBM, dan PTLL

3

0

0

3

KUP

Lab. PPN dan PPnBM

3

0

0

3

?

Keuangan Negara

3

0

0

3

?

Pemungutan & Pemotongan Pajak

3

0

0

3

KUP

Lab.Pemungutan & Pemot. Pajak

0

3

0

3

?

Jumlah SKS

18

3

0

21

5

Konstitusi Muhammadiyah

1

0

0

1

?

Bahasa Inggris Binis 5

1

0

0

1

?

Komputer Akuntansi

1

0

0

1

?

Praktikum Prosedur Perpajakan

3

0

0

3

KUP

Manajemen Bank Dan Lembaga Keuangan

3

0

0

3

?

Pemeriksaan Pajak

3

0

0

3

Peng. Akuntansi

Lab. Pemeriksaan Pajak

0

2

0

2

?

Sistem Pelayanan Perpajakan

2

0

0

2

?

Perpajakan Internasional

2

0

0

2

?

Manajemen Perpajakan

3

0

0

3

?

Jumlah SKS

19

2

0

21

6

Kuliah Kerja Pajak

4

0

0

4

Penulisan Karya Ilmiah

Uji Komprehensif

6

0

0

6

Mata Kuliah Selesai

Jumlah SKS

10

0

0

10

Total SKS Keseluruhan

103

13

0

116

?

?

3.     Kodefikasi Mata Kuliah

Untuk keperluan identifikasi dan sistematisasi, setiap mata kuliah dan/atau program semester dalam kurikulum diberi kode mata kuliah, dengan pedoman kodifikasi yang diatur, sebagai mana contoh berikut :

?

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

P

K

1

0

1

1

0

1

2

1

?

?

Bobot SKS

Semester penawarannya

Nomor urutan matakuliah dalam kelompoknya

Nomor urutan kelompok mata kuliah

Nomor urutan program studi

Nomor urutan fakultas

Kode huruf kelompok mata kuliah

?

Kode mata kuliah terdiri dari 10 (sepuluh) digit, yang terdiri atas dua digit pertama kode huruf dan delapan digit berikutnya kode angka. Masing-masing digit memiliki makna tersendiri. Setiap matakuliah memiliki susunan angka yang tidak sama antara satu matakuliah dengan matakuliah yang lain. Kode mata kuliah dapat lebih dari ketentuan sesuai kebutuhan.

  1. Digit pertama dan kedua adalah kode huruf yang menunjukkan kelompok matakuliah :
    1. PK untuk kelompok matakuliah MPK;
    2. KK untuk kelompok matakuliah MKK;
    3. KB untuk kelompok matakuliah MKB;
    4. PB untuk kelompok matakuliah MPB;
    5. BB untuk kelompok matakuliah MBB.
    6. Digit ketiga adalah kode angka satuan yang menunjukkan nomor urutan fakultas di lingkungan UMSU. Untuk fakultas ekonomi menggunakan angka 5.
      1. Digit keempat dan kelima adalah kode angka dalam dua digit yang menunjukkan nomor urutan program studi dilingkungan fakultas : 01, 02, 03, 04, 05, dan seterusnya sesuai dengan kode urutan program studi yang ditentukan oleh UMSU.
      2. Digit keenam adalah kode untuk nomor urutan kelompok matakuliah :
        1. angka 1 untuk komponen MPK;
        2. angka 2 untuk komponen MKK;
        3. angka 3 untuk komponen MKB;
        4. angka 4 untuk komponen MPB;
        5. angka 5 untuk komponen MBB;
        6. Digit ketujuh dan delapan adalah kode angka dalam dua digit yang menunjukkan nomor urutan matakuliah pada setiap komponen matakuliah : 01, 02, 03, 04, dan seterusnya.
        7. Digit kesembilan adalah kode angka yang menunjukkan bobot sks mata kuliah : 1, 2, 3, 4, 5, 6.
        8. Digit kesepuluh adalah kode angka yang menunjukkan semester penawaran mata kuliah : 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8.

4.     Silabus

Muatan materi silabus mencerminkan gambaran pencapaian visi, misi, tujuan dan kompetensi lulusan yang ingin dihasilkan oleh Fakultas Ekonomi UMSU. Materi silabus mengandung muatan pemberian pengalaman profesional praktis dalam kegiatan belajar di dalam dan di luar kelas secara terstuktur. Dengan pengetahuan, ketrampilan dan sikap yang diserap dari silabus maka para lulusan mampu, dalam arti cerdas, unggul dan terpercaya dalam percaturan dunia kerja dan industri lokal, nasional, regional dan global.

Struktur silabus berpedoman kepada SK Dirjen Dikti No. 38/DIKTI/Kep/2002 tentang Rambu-rambu Pelaksanaan Matakuliah Pengembangan Kepribadian, komponen-komponen silabus KBK terdiri dari : (a) Identitas matakuliah, (b) Visi matakuliah, (c) Misi matakuliah, (d) Kompetensi, (e) Substansi kajian, (f) Metodologi pembelajaran, (g) Evaluasi, (h) Kepustakaan, (i) Fasilitas utama yang diperlukan, (j) Persyaratan dosen.

Silabus disediakan oleh Fakultas Ekonomi UMSU yang kemudian akan diserahkan kepada masing-masing dosen pengasuh mata kuliah sebagai pedoman untuk menyusun GBPP dan SAP sebelum perkuliahan dimulai.

?

5.     Garis-Garis Besar Program Pengajaran

Garis-Garis Besar Program Pengajaran (GBPP) yang dilaksanakan di Fakultas Ekonomi UMSU merupakan rumusan kompetensi dan pokok-pokok isi matakuliah yang memuat komponen-komponen : (a) Identitas matakuliah, (b) Kompetensi dan Subkompetensi, (c) Substansi kajian dalam bentuk pokok bahasan dan subpokok bahasan, (d) Estimasi waktu, (e) Sumber kepustakaan.

GBPP disusun langsung oleh masing-masing dosen pengasuh mata kuliah. Untuk mata kuliah yang serumpun, diharapkan sesama dosen pengasuh mata kuliah yang sama untuk membangun komunikasi dan koordinasi agar materi pembelajaran yang dituangkan dalam GBPP tersebut diperoleh keseragaman materi. GBPP yang disusun diserahkan kepada ketua/sekretaris program studi untuk dievaluasi dan disesuaikan dengan komponen-komponen penyusunan GBPP dan silabus yang telah ditetapkan.

6.     Satuan Acara Pengajaran

Satuan Acara Pengajaran (SAP) yang dilaksanakan di fakultas UMSU adalah rumusan tugas-tugas dosen untuk mata kuliah tersebut dalam satuan atau beberapa kegiatan akademik, atau selama satu semester. SAP dengan materi kegiatan akademik, memiliki komponen : (a) identitas matakuliah, (b) kompetensi, (c) pokok bahasan, (d) subpokok bahasan, (e) kegiatan belajar mengajar, (f) evaluasi, dan (g) kepustakaan. SAP untuk satu semester, memiliki komponen : (a) identitas matakuliah, (b) kompetensi/subkompetensi, (c) pokok bahasan/subpokok bahasan, (d) kegiatan dosen, (e) kegiatan mahasiswa, (f) media, dan (g) kepustakaan.

SAP disusun langsung oleh masing-masing dosen pengasuh mata kuliah. Untuk mata kuliah yang serumpun, diharapkan sesama dosen pengasuh mata kuliah yang sama untuk membangun komunikasi dan koordinasi agar materi pembelajaran yang dituangkan dalam SAP tersebut diperoleh keseragaman materi. SAP yang disusun diserahkan kepada ketua/sekretaris program studi untuk dievaluasi dan disesuaikan dengan komponen-komponen penyusunan SAP dan silabus serta GBPP yang telah ditetapkan sebelumnya.

C. Ketentuan Umum Tentang Pelaksanaan Perkuliahan

1.   Tata Tertib Perkuliahan

Kegiatan belajar mengajar pada Fakultas Ekonomi UMSU. meliputi Beban mengajar Tenaga Edukatif :

a.   Pemberian kuliah, penyelenggraan seminar dan kapita selekta, praktikum di laboratorium dan kerja lapangan maupun penelitian dan penulisan skripsi. Semua tugas ini disusun dalam tiga kategori:

1.   Perkuliahan

2.   Bimbingan karya tulis mahasiswa dan magang

3.   Pengembangan materi pengajaran

?

b.   Perkuliahan Berdasarkan materi dengan kompetensi yang didukung oleh program tersebut, perkuliahan dan tujuan program perkuliahan dalam hubungannya dibedakan dalam tiga jenis, yaitu:

1.  Perkuliahan bersifat teori, yaitu suatu program pengajaran yang mengkaji teori ilmu pengetahuan tertentu dengan tujuan membina kemampuan akademik pribadi mahasiswa. Penyampaiannya dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti pemberian kuliah, ceramah, diskusi kelompok, seminar, penugasan clan sebagainya. Pemberian kuliah dilakukan oleh seorang Tenaga Edukatif yang membahas materi mata kuliah sesuai dengan silabus yang telah ditentukan.

2. Perkuliah bersifat praktek (lazim disebut : Praktikum), ialah suatu program pengajaran simulatif yang melatih mahasiswa untuk melakukan eksperimen atau percobaan dalam bidang ilmu, seni atau teknologi tertentu. Program ini berintikan praktikum di laboratorium/studio atau ditempat praktek lain. Praktikum diberikan oleh Dosen dan dapat dibantu oleh mahasiswa.

3. Perkuliahan pengalaman lapangan ialah program pengajaran yang memberi pengalaman nyata kepada mahasiswa untuk memperoleh kemampuan profesional yang dituntut oleh program studi yang dipilih olehnya.

?

c.   Kesetaraan jam kerja perkuliahan dengan bobot SKS

Sesuai dengan ketentuan yang berlaku di Fakultas Ekonomi UMSU, maka tabel berikut memberikan pedoman untuk mengatur jam kerja masing-masing jenis perkuliahan dalam hubungannya dengan bobot sks mata kuliah yang bersangkutan dalam satu semester.

?

Bentuk Proses Belajar Mengajar

Jam Kerja

Bobot SKS

Tatap

Muka

Persiapan

Evaluasi/

Pengembangan

Jumlah Jam Kerja

Kuliah

Praktikum

Pengalaman lapangan

1

2

4

1

1

1

1

1

1

3

4

6

1

1

1

?

?

d.   Asistensi/tutorial

Asistensi/tutorial adalah kegiatan yang menunjang atau yang melengkapi perkuliahan. Tugas ini membantu mahasiswa dalam kegiatan terstruktur, atau dalam melakukan eksperimen/percobaan di laboratoriun, studio atau tempat praktek lainnya. Pemberian asistensi/tutorial ini dilakukan oleh dosen mata kuliah yang bersangkutan dan dapat dibagi menjadi:

1.   Mendiskusikan/membicarakan kembali masalah dari perkuliahan yang sudah/baru diberi kuliahnya oleh dosen yang bersangkutan tetapi belum dimengerti oleh mahasiswa, dan/atau menyelesaikan soal-soal.

2.   Memberikan bimbingan kepada mahasiswa dalam menyelesaikan tugas tugas yang ada kaitannya dengan mata kuliah.

?

e.   Bimbingan karya tulis mahasiswa dan magang

Sebagai calon sarjana, mahasiswa sangat memerlukan bimbingan untuk dapat menulis suatu karya ilmiah seperti penulisan skripsi dan magang dalam rangka memenuhi salah satu persyaratan menyelesaikan Sarjana Strata Satu (S1). Pelaksanaan bimbingan skripsi dan magang ini dilakukan dengan sejumlah pertemuan antara mahasiswa dengan tenaga edukatif yang diberi tugas oleh Dekan Fakultas. Prosedur penyusunan skripsi adalah tahapan-tahapan yang harus dilakukan mahasiswa selama melakukan penelitian. Prosedur tersebut dikelompokkan menjadi 3 bagian yakni: a). pengajuan judul penelitian; b). seminar proposal penelitian; dan 3). sidang meja hijau.

Pengajuan Judul Penelitian

  1. Pengajuan judul penelitian merupakan proses mendiskusikan topik/tema penelitian kepada pimpinan program studi dan calon dosen pembimbing. Langkah-langkah pengajuan judul penelitian adalah sebagai berikut:
  2. Mahasiswa telah menempuh 110 beban SKS dan lulus mata kuliah Metodologi Penelitian minimal C, dibuktikan dengan transkrip nilai terakhir.
  3. Mahasiswa telah mengikuti praseminar minimal 3 kali, dibuktikan dengan kartu seminar.
  4. Mahasiswa membawa draft kerangka pemikiran penelitian kepada pimpinan program studi untuk didiskusikan, beserta literatur pendukung yang relevan dengan topik penelitian (minimal 3 literatur).
  5. Mahasiswa mendiskusikan topik penelitian kepada calon pembimbing penelitian.
  6. Mahasiswa mengurus surat penelitian pendahuluan (prariset) untuk mengidentifikasi masalah ke lokasi penelitian.
  7. Mahasiswa menyusun proposal dan mendiskusikannya kepada calon dosen pembimbing.
  8. Mahasiswa mendaftarkan/mengagendakan judul penelitian kepada pimpinan program studi.

?

Seminar Proposal Penelitian

  1. Mendaftarkan diri untuk mengikuti seminar proposal selambat-lambatnya 1 bulan setelah mendaftarkan/mengagendakan judul penelitian.
  2. Mengikuti seminar proposal.
  3. Menyempurnakan proposal berdasarkan rekomendasi dari hasil seminar proposal.
  4. Mengesahkan proposal kepada Dosen Pembimbing, Pembanding, dan Pimpinan Program Studi dan Pembantu Dekan I, selambat-lambatnya 1 bulan dari masa seminar proposal.

?

Pengajuan Sidang Meja Hijau

  1. Mendaftarkan diri untuk mengikuti sidang meja hijau selambat-lambatnya 6 bulan setelah pengesahan proposal penelitian.
  2. Mengikuti sidang meja hijau.
  3. Mengesahkan skripsi hasil sidang meja hijau kepada dosen pembimbing, penguji, Dekan dan Pembantu Dekan I.

?

Prosedur penyusunan skripsi di atas harus ditaati dengan ketat oleh mahasiswa agar dapat menyelesaikan studi tepat pada waktunya. Ketentuan tentang penulisan skripsi selanjutnya diatur dalam buku pedoman penulisan skripsi Fakultas Ekonomi UMSU.

?

Sedangkan untuk pelaksanaan magang dilaksanakan pada semester Genap (B) yaitu pada semester VIII. Namun magang boleh dilaksanakan apabila:

  1. Mahasiswa telah menyelesaikan perkuliahan minimal 110 beban sks;
  2. Indeks Prestasi umulatif (IPK) minimal 2,01;
  3. Mahasiswa telah lulus mata kuliah metodologi penelitian dengan nilai minimal C.

?

Pelaksanaan magang mengikuti tahapan-tahapan seperti berikut ini:

  1. Mahasiswa mengajukan permohonan magang kepada pimpinan program studi;
  2. Mahasiswa mendiskusikan persiapan magang kepada dosen pembimbing magang;
  3. Mahasiswa melakukan magang ke lokasi magang yang telah disetujui pimpinan program studi;
  4. Mahasiswa menyusun laporan magang dan melakukan pembimbingan laporan magang kepada dosen pembimbing;
  5. Mahasiswa memperoleh nilai magang dari instruktur dan dosen pembimbing;
  6. Mahasiswa mengesahkan laporan magang kepada instruktur magang, dosen pembimbing magang, ketua program studi dan Pembantu Dekan I.
  7. Mahasiswa memperoleh nilai akhir di dalam Kartu Hasil Studi (KHS)

?

Ketentuan tentang penyusunan laporan magang selanjutnya diatur dalam buku pedoman penyusunan aporan magang Fakultas Ekonomi UMSU.

?

f-.   Pengembangan materi pengajaran

Agar dapat berhasil dengan baik, program pengajaran yang meliputi perkuliahan maupun praktikum perlu disusun dalam satuan yang berwujud model, paket belajar dan audio visual tutorial yang dapat dipergunakan oleh mahasiswa dan tenaga edukatif dalam proses belajar mengajar.

2. Beban Dan Masa Studi

Beban studi program Sarjana S1 minimal 144 sks dan maksimal 160 sks, dijadualkan untuk 8 semester dan dapat ditempuh dalam waktu kurang dari 8 semester dan selama-lamanya 14 semester, sedangkan beban studi program Diploma Tiga (D III) minimal 110 sks dan maksimal 120 sks yang dijadualkan untuk 6 semester dan dapat ditempuh dalam wakni sekurang-kurangnya 6 semester dan selama-lamanya 10 semester.

Berdasarkan jumlah sks yang harus diselesaikan untuk mencapai program akademik S1 dengan jumlah semester yang disediakan, maka beban studi mahasiswa setiap semester secara normal berkisar sekitar 18 -20 sks.

Namun kemampuan mahasiswa bervariasi, maka beban belajar mahasiswa per semester disesuaikan dengan pencapaian indeks prestasi yang diperoleh mahasiswa 1 semester sebelumnya. Syarat dan ketentuan untuk menjadi dosen Penasehat Akademik adalah sebagai berikut:

  1. Dosen Tetap Fakultas Ekonomi UMSU, yang diangkat melalui Surat Keputusan Dekan Fakultas Ekonomi UMSU.
  2. Memiliki dedikasi yang tinggi dalam pelaksanaan tugas dan berorientasi kepada kepentingan studi mahasiswa, memiliki sikap tanggap, terbuka dan positif terhadap masalah-masalah mahasiswa.
  3. Mempunyai pengetahuan yang cukup tentang kurikulum, sistem kredit semester, penilaian, dan peraturan akademik lainnya yang sejalan dengan Bidang Ilmu Mahasiswa Penasehatannya.
  4. Mempunyai waktu dan kesediaan melaksanakan tugas Penasehatan Akademik.
  5. Masa jabatan Dosen PA berlaku sampai mahasiswa menyelesaikan studi.

?

3.   Ketentuan Tentang Pengisian KRS

Penawaran mata kuliah pada setiap semester dilakukan oleh Fakultas/Program Studi sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Penyusunan program dilakukan dengan mengisi Kartu Rencana Studi (KRS) yang ditetapkan bersama Penasehat Akademik (PA) dan mahasiswa yang bersangkutan, dimana Kartu Rencana Studi Sementara (KRSS) merupakan blanko yang berisikan mata kuliah yang akan diikuti oleh mahasiswa pada tiap-tiap semester berjalan, yang selanjutnya diproses menjadi Kartu Rencana Studi (KRS). Penyusunan Program Studi yang dicantumkan dalam KRS didasarkan Indeks Prestasi (IP) semester sebelumnya, seperti tercantum di dalam tabel berikut:

?

IP Semester lalu

Beban maksimal semester berikut

Lebih dari 3,00

2,50 ? 2,99

2,00 ? 2,49

1,50 ? 1,99

Kurang dari 1,50

22 ? 24 sks

19 ? 21 sks

16 ? 18 sks

13 ? 15 sks

12 sks

4.   Ketentuan Penasehat Akademik

Penasehat Akademik adalah Dosen Tetap Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara yang diangkat dan diberi tugas dan tanggung jawab untuk membimbing sejumlah mahasiswa tertentu dan bertujuan untuk membantu mahasiswa menyelesaikan studi, sesuai dengan waktu yang ditentukan sehingga mereka dapat mengembangkan potensinya dan memperoleh hasil yang optimal.

Perincian tugas Penasehat akademik tersebut adalah:

a.   Memberikan pengarahan kepada mahasiswa tentang :

1.   Cara menyusun rencana studi.

2.   Pengisian Kartu Rencana Studi Sementara (KRSS)

3.   Menjelaskan kebijaksanaan studi, yaitu memberikan pertimbangan kepada mahasiswa tentang banyaknya kredit/mata kuliah yang dapat diambil untuk semester yang akan datang.

b.   Membantu, mengamati/mengendalikan dan memacu kelancaran studi mahasiswa asuhannya tentang:

1.   Kelancaran mengikuti perkuliahan

2.   Teknik mengikuti perkuliahan

3. Cara menggunakan kepustakaan dan teknik membaca buku

4.   Memperkenalkan sumber-sumber belajar

5.   Cara belajar dan pengaturan waktu yang tepat

6.   Mencatat Indeks Prestasi (IP)

7.   Mencatat kemauan/keberhasilan belajar

8.   Mendistribusikan mahasiswa tertentu kepada Dosen Pengasuh mata kuliah (Dosen yang memberikan kuliah/praktikum) bagi mahasiswa yang mengalami hambatan studi dan bila perlu dengan bantuan konseling mahasiswa/psikolog.

c.  Memberikan bantuan yang menyangkut masalah-masalah yang berhubungan dengan kepribadian mahasiswa (penyesuaian lingkungan,watak,dll).

d.   Menyediakan waktu yang terjadual (contact hours)

e. Mengadakan pertemuan-pertemuan yang komunikatif baik dengan Ketua Jurusan maupun dengan Pimpinan Fakultas serta mahasiswa asuhan demi kelancaran tugasnya

f.    Memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk berkonsultasi

g.   Memberi saran-saran yang kreatif

h.   Mengenal serta memahami tujuan dan fungsi Pendidikan Tinggi serta kedudukannya dalam negara dan masyarakat Indonesia.

i.   Mengidentifikasi dan menganalisa faktor-faktor yang merupakan pendukung dan penghambat kelancaran proses pendidikan tinggi khususnya unsur-unsur dalam kampus untuk meningkatkan efisiensi efektivitas studi 

j.    Membuat laporan secara lisan dan tertulis secara berkala (periodik) kepada Ketua Jurusan/Dekan.

?

5.  Ketentuan Perkuliahan Semester Pendek

Ketentuan tentang perkuliahan semester pendek yang diatur oleh universitas adalah sebagai berikut :

a.   Semester pendek merupakan program perkuliahan yang dilaksanakan pada waktu libur semester genap.

b.   Semester pendek bertujuan memberi kesempatan kepada mahasiswa yang memperbaiki nilai dan mahasiswa yang sudah pernah ikut kuliah tetapi tidak lulus.

c.   Jumlah tatap muka kegiatan terstruktur dan kegiatan mandiri pada semester pendek berlaku aturan perkuliahan biasa, hanya lebih dipadatkan/ diintensifkan.

d.   Pelaksanaan perkuliahan semester pendek diserahkan sepenuhnya kepada Fakultas dan memberikan laporan kepada Rektor setelah pelaksanaan semester pendek selesai.

?

Syarat dan ketentuan yang ditetapkan oleh Fakultas Ekonomi UMSU dalam pelaksanaan semester pendek adalah sebagai berikut :

  1. Kelas semester pendek akan dibuka apabila jumlah mahasiswa minimal 15 orang dengan jumlah tatap muka 10 kali pertemuan.
  2. Mahasiswa wajib membawa KRS semester pendek serta melampirkan pas photo (ukuran 3 x 4) dan kwitansi pembayaran semester pendek (asli dan distempel oleh fakultas). Biaya pendaftaran dikenakan sebesar Rp 10.000,- dan untuk biaya mata kuliah sebesar Rp 25.000.- per SKS serta beban maksmal yang dapat diambil sebanyak 10 SKS.
  3. Mahasiswa mengikuti ujian sesuai jadwal yang telah ditentukan sesuai dengan roster ujian semester pendek.
  4. Mahasiswa tidak dibenarkan memakai baju atau pakaian berbahan kaos dan sandal (sejenisnya) baik untuk laki-laki maupun perempuan.
  5. Mahasiswa tidak dibenarkan memakai celana berbahan jeans, baik untuk laki-laki maupun perempuan.
  6. Mahasiswa wajib menjaga kelancaran ujian sesuai dengan peraturan yang berlaku.
  7. Bagi dosen yang melaksanakan proses belajar mengajar di semester pendek berperan aktif secara langsung mengawasi ujian semester pendek sesuai jadwal yang telah ditentukan dan dibantu oleh pegawai Fakultas Ekonomi UMSU.
  8. Soal ujian semester pendek diperbanyak sendiri oleh dosen pengasuh mata kuliah sesuai dengan jumlah peserta ujian semester pendek dari masing-masing mata kuliah yang diujikan.
  9. Bobot penilaian 70% dari hasil ujian dan 30% dari hasil tugas mata kuliah.

D.  Ketentuan Perkuliahan

1. Berhenti Studi Sementara (BSS),

Mahasiswa tidak dapat melanjutkan perkuliahan karena alasan tertentu dapat mengajukan permohonan Berhenti Studi Sementara (BSS) yang diajukan pada awal tahun akademik dan paling lambat 1 (satu) bulan sesudah perkulihan berjalan menurut kalender akademik, dengan persyaratan :

  1. telah menempuh perkuliahan minimum 2 (dua) semester
  2. tanda bukti lunas pembayaran SPP sampai tahun akademik terakhir sesuai peraturan yang berlaku;
  3. foto copy KHS sampai semester terakhir;
  4. membayar uang her-registrasi tahun akademik berjalan.

Mahasiswa dapat mengambil masa BSS sebanyak-banyaknya 2 (dua) kali, tetapi tidak dapat dijalani selama dua tahun berturut-turut.

Mahasiswa baru terdaftar atau mahasiswa semester akhir yang sudah memasuki persiapan penulisan skripsi/tugas akhir serta mahasiswa yang melakukan perbuatan melawan hukum/menjalani hukuman pidana di lembaga pemasyarakatan, tidak diperkenankan mengajukan permohonan BSS.

?

2.   Berhenti Studi Tetap (BST).

Mahasiswa yang karena alasan tertentu tidak dapat melanjutkan pendidikannya di UMSU dapat mengajukan permohonan Berhenti Studi Tetap, dengan persyaratan melampirkan :

  1. KHS sampai semester terakhir;
  2. tanda bukti lunas beban keuangan sampai tahun akademik terakhir sesuai peraturan yang berlaku;
  3. surat keterangan bebas pinjaman buku dari Perpustakaan UMSU;

Mahasiswa yang telah dizinkan untuk BST segala hak dan kewajibannya sebagai mahasiswa UMSU dicabut dan tidak dapat diterima kembali menjadi mahasiswa UMSU

3.   Putus Kuliah / Drop Out.

Mahasiswa Drop out artinya mahasiswa kehilangan haknya untuk melanjutkan studinya dan semua hasil studi yang diperolehnya selama menjadi mahasiswa UMSU dinya?takan hangus, karena :

  1. Telah melampaui batas lama studi 7 tahun untuk program Sarjana dan 5 tahun untuk program Diploma.
  2. sampai akhir semester ke-2 tidak dapat mengum?pulkan beban kredit minimum 20 sks dengan IPK 2,00 dianjurkan pindah ke program studi/fakultas, atau perguruan tinggi lain.
  3. sampai akhir semester ke-4 tidak dapat mengumpulkan beban kredit minimum 50 sks dengan IPK 2,00;
  4. sampai akhir semester ke-6 tidak dapat mengumpulkan beban kredit minimum 90 sks dengan IPK 2,00;
  5. sampai akhir semester ke-8 tidak dapat mengumpulkan beban kredit minimum 120 sks dengan IPK 2,00;
  6. sampai akhir batas masa studi tidak dapat menyelesaikan seluruh beban kurikuler di luar skripsi;
  7. tidak mendaftar ulang sebagai mahasiswa paling lama dua tahun akademik berturut-turut tanpa pemberitahuan tertulis.

E.  Ketentuan Evaluasi Hasil Belajar dan Pola Penilaian

1.   Sistem Penilaian

Pendekatan yang digunakan dalam penentuan derajat penilaian dapat menggunakan Pola Acuan Patokan (PAP), atau Pola Acuan Norma (PAN), atau campuran antara PAP dan PAN, dengan menganjurkan lebih menggunakan pendekatan PAN dengan kurva normal.

2.   Sistem Evaluasi

Penilaian keberhasilan belajar mahasiswa didasarkan atas nilai yang diberikan atas hasil yang diperoleh dari pelaksanaan ujian formatif, UTS, UAS dan ujian skripsi/tugas akhir. Selain memperhatikan hasil ujian, penilaian keberhasilan belajar mahasiswa dapat juga didasarkan atas penilaian pelaksanaan tugas, seperti keikutsertaan dalam seminar, penulisan makalah, praktikum, pembuatan laporan, pembuatan rancangan atau tugas lain serta hasil pengamatan.

Nilai yang diberikan atas hasil yang diperoleh dari pelaksanaan ujian formatif dan UTS diberikan dalam bentuk nilai angka dengan rentang antara 10 - 100; nilai UTS dituangkan ke dalam DPN UTS.

Nilai yang diberikan sebagai nilai akhir UAS dengan mempertimbangkan nilai hasil ujian formatif, tugas, praktikum, UTS, dan atas hasil yang diperoleh dalam pelaksanaan UAS, serta nili akhir hasil ujian skripsi/tugas akhir diberikan dalam bentuk nilai angka dengan rentang 10 - 100 kemudian dikonversi menjadi nilai huruf yang dituangkan ke dalam DPN UAS (berita acara untuk ujian skripsi/tugas akhir), dengan pembobotan dan predikat dari nilai rata-rata patokan sebagai berikut :

Nomor

Nilai Angka

Nilai Huruf

Bobot

Predikat

1

2

3

4

5

6

7

8

85 - 100

80 -   84,99

75 -   79,99

70 - 74,99

65 - 69,99

60 - 64,99

55 - 59,99

0 - 54,99

A

B/A

B

C/B

C

D/C

D

E

4

3,5

3

2,5

2

1,5

1

0

Istimewa

Sangat Baik

Baik

Cukup Baik

Cukup

Kurang dari Cukup

Kurang

Gagal

?

Nilai rata-rata yang diperoleh mahasiswa dalam satu program dinyatakan dalam Indeks Prestasi (IP), terdiri atas jenis :

a.      IP Semester, sebagai IP yang dihitung pada akhir semester yang dipergunakan sebagai dasar untuk mengetahui derajat keberhasilan belajar dalam satu semester;

b.       IP Kumulatif, sebagai IP yang dihitung pada akhir program studi lengkap atau pada akhir beberapa semester untuk seluruh mata kuliah yang diambil oleh mahasiswa;

yang dihitung dengan rumus : ? ( N x K )

? K

K   : Nilai kredit mata kuliah yang diambil

N   : Nilai mutu masing-masing mata kuliah

Contoh : Pada suatu semester seorang mahasiswa menempuh mata kuliah dengan hasil sebagai berikut :

?

Mata Kuliah

Nilai

Kredit (K)

Nilai

Nilai Mutu

(N)

K x N

1

2

3

4

3

2

3

2

A

B

C

D

4

3

2

1

3 x 4 = 12

2 x   3 = 6

3 x   2 = 6

2 x   1 = 2

?

? K= 10

? (KxN) = 26

?

26

?

IP = ------- = 2,6

10

3.     Evaluasi Akhir Program dan Predikat Kelulusan.

Perhitungan nilai akhir hasil ujian skripsi/tugas akhir diperoleh dari penggabungan nilai yang diberikan oleh kedua penguji (Penguji I dan II) dengan bobot persentase dari materi ujian sebagai berikut :

a.      Nilai Naskah Skripsi               = 65%

b     Nilai Ujian Komprehensif      = 35%

dan hasil penjumlahan berdasarkan persentase tersebut dikonversi menjadi nilai huruf dan predikat kelulusan dicantumkan di dalam berita acara ujian skripsi dan diumumkan pada akhir sidang ujian skripsi, dengan ketentuan :

a.      nilai akhir batas lulus ujian skripsi/tugas akhir minimum nilai C;

b.      peserta yang memperoleh hasil di bawah nilai C diwajibkan menempuh ujian ulangan sebanyak-banyaknya 3 (tiga) kali ujian ulangan dalam waktu yang ditentukan;

c.      bila dari tiga kali ujian ulangan tetap belum mencapai nilai akhir C, skripsi dinyatakan batal dan mahasiswa diwajibkan menulis skripsi baru dan menempuh ujian skrip?si kembali.

Untuk Diploma tidak mengikuti sidang ujian skripsi, sehingga untuk menentukan persyaratan kelulusan, maka mahasiwa Diploma mengikuti ujian komprehensif secara tertulis yang bobot penilaiannya diatur oleh tim penilai ujian komprehensif.

Uji kompetensi Al-Islam Kemuhammadiyahan dilaksanakan melalui ujian komprehensif dan merupakan pra ujian skripsi/tugas akhir.

?

Sedangkan evaluasi hasil magang dilakukan dengan kriteria penilaian :

  1. Penilai Magang

Penilai (evaluator) dalam pelaksanaan magang terdiri dari 2 orang, yakni:

  1. Instruktur lapangan (instansi): pengarah mahasiswa selama melaksanakan magang;
  2. Dosen pembimbing: pembimbing penulisan laporan magang.
  3. Komponen Nilai Magang

Ada 2 (dua) komponen penilaian yang menjadi bahan penentuan nilai akhir mahasiswa dalam magang, yaitu nilai praktek dan nilai laporan. Rumus kedua komponen penilaian di atas adalah sebagai berikut :

?

5Nkpr + 3Nkp + 2Nks

1. Nilai Praktek (NP)=

10

Keterangan :

Nkpr    = nilai rata-rata kompetensi professional

Nkp     = nilai rata-rata kompetensi personal

Nks      = nilai rata-rata kompetensi sosial

2Nsl + 4Nil + 2Nkd

2. Nilai Laporan (NL)=

8

Keterangan :

St         = Sistematika penulisan

Il          = Isi laporan

Kd       = Kelengkapan data

?

  1. Nilai Akhir Magang

Nilai akhir merupakan penjumlahan komponen nilai dari instruktur dan dosen pembimbing dalam bentuk angka.

NA      = NP+NL

?

Keterangan:

NP       = Nilai Praktek

NL       = Nilai Laporan

?

Predikat kelulusan mahasiswa dalam satu program studi leng?kap terdiri atas 3 (tiga) tingkat, yaitu : memuaskan, sangat memuaskan, dan dengan pujian, yang dinyatakan pada transkrip akademik, dan IP Kumulatif sebagai dasar penentuan predikat kelulusan :

1.    Program Sarjana dan Program Diploma :

a.    IPK 2,00 - 2,75 dengan predikat Memuaskan;

b.   IPK 2,76 - 3,50 dengan predikat Sangat Memuaskan;

c.    IPK 3,51 - 4,00 dengan predikat Dengan Pujian.

2.       Program Magister :

a.    IPK 2,75 - 3,40 dengan predikat Memuaskan;

b.   IPK 3,41 - 3,70 dengan predikat Sangat Memuaskan;

c.    IPK 3,71 - 4,00 dengan predikat Dengan Pujian.

3.    Predikat Dengan Pujian ditentukan juga disamping pencapaian IPK sebagaimana dimaksud diatas dengan memperhatikan hal-hal sebagai berikut :

  1. masa studi maksimum yaitu n tahun (masa studi minimum) + 1 tahun untuk Program Sarjana, 3 tahun untuk Program Diploma III dan 0,5 tahun untuk Program Magister;
  2. bukan mahasiswa pindahan dari program studi, fakultas atau perguruan tinggi lain;
  3. bila mengambil masa BSS sesuai dengan peraturan yang berlaku maksimum 2 tahun akademik;
  4. nilai mata uji kelompok MKK minimum B;
  5. tidak mengambil UPN di luar semester;

4.      Mahasiswa yang mencapai IPK 3,51 - 4,00 tetapi tidak memenuhi syarat menurut butir 1 di atas diberikan predi?kat Sangat Memuaskan.

4.   Sanksi Akademik

Semua bentuk penyimpangan dari ketentuan-ketentuan di atas akan dikenakan sanksi baik administrasi maupun akademik. Sanksi-sanksi tersebut dapat berupa :

a. Bagi mahasiswa yang terlambat melakukan registrasi tidak berhak memperoleh pelayanan akademik maupun administrasi.

b. Bagi mahasiswa yang tidak mengajukan/merencanakan program studinya (mengisi KRS) pada waktu yang telah ditentukan sesuai dengan kalender akademik tidak boleh mengikuti segala aktifitas perkuliahan.

c.   Bagi mahasiswa yang presentasi kehadiran kuliahnya kurang dari 75% dari waktu yang ditentukan, maka mahasiswa tersebut tidak berhak mengikuti ujian akhir semester.

d.   Bagi mahasiswa yang tidak mengerjakan tugas-tugas terstruktur dan tugas mandiri yang telah ditentukan oleh dosennya maka penilaian mahasiswa tersebut dapat ditunda.

e.   Bagi mahasiswa yang Indek Prestasi Kumulatif (IPK)nya yang kurang dari 2,00 selama 4 (empat) semester berturut-turut, maka mahasiswa tersebut diminta untuk mengundurkan diri sebagai mahasiswa Fakultas Ekonomi UMSU atau diminta mengajukan permohonan pindah jurusan.

f.    Bagi mahasiwa yang melanggar ketentuan normatif dapat dikenakan sanksi teguran peringatan keras, skorsing dalam waktu tertentu atau dicabut haknya sebagai mahasiswa Fakultas Ekonomi UMSU. Dan bagi mahasiswa yang dikenakan skorsing, mahasiswa yang bersangkutan tidak berhak mendapat pelayanan akademik maupun administratif


BAB V

MAHASISWA DAN ALUMNI

A. Dasar

Pola Pengembangan Kemahasiswaan Fakultas Ekonomi UMSU disusun atas dasar :

  1. Pancasila, UUD 1945 juncto UUD 1999, dan GBHN 1999
  2. Undang-undang RI No. II Tahun 1989 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
  3. Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 1999 Tentang Perubahan PP No. 57 Tahun 1998 dan PP No. 30 Tahun 1990 Tentang Pendidikan Tinggi.
  4. Keputusan Mendikbud RI Nomor: 155/U/1998 tentang Pedoman Umum Organisasi Kemahasiswaan Di Perguruaan Tinggi.
  5. Pola Pengembangan Kemasiswaan, Direktorat Kemahasiswaan Ditjen Dikti Depdikbud 1995.
  6. Keputusan PP Muhammadiyah Nomor:19/SK-PP/III-B/1.a./1999 tentang Qaidah Perguruan Tinggi Muhammadiyah.
  7. Statuta Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Tahun 2002.

B.  Tujuan Pengembangan Kemahasiswaan

Pengembangan kemahasiswaan Fakultas Ekonomi UMSU dilaksanakan bertujuan untuk mengembangkan potensi dasar mahasiswa bidang :

  1. Keilmuan dan Kecendikiawanan
    1. Menumbuhkan kegiatan dan sikap ilmiah yang penuh rasa ingin tahu, analitis, kritis, kreatif, inovatif, objektif, dan bertanggung jawab.
    2. Membiasakan tumbuhnya kegiatan keilmuan dan kecendikiawanan dengan memperbanyak kreasi kegiatan pengabdian dan bakti sosial kepada masyarakat sebagai realisasi rasa kepedulian dan keterlibatan mahasiswa pada berbagai permasalahan masyarakat bangsa Indonesia.
    3. Menumbuhkembangkan sikap mentalitas ilmiah yang produktif dan konstruktif.
    4. Kepemimpinan dan Manajemen
      1. Menumbuhkan minat untuk mengikuti kegiatan latihan kepemimipinan dan manajemen mahasiswa.
      2. Terciptanya kepemimpinan intelektual mahasiswa yang tangguh, ulet, kreatif, demokratis, dinamis dan terampil dalam melaksanakan tugas kepemimpinannya.
      3. Timbulnya keberanian mahasiswa tampil sebagai pemimpinan organisasi kemahasiswaan, kepanitiaan kegiatan kemahasiswaan.
      4. Kesehatan Jasmani, Rohani dan Sosial

Pemenuhan dan penyaluran kebutuhan jasmani, rohani, dan sosial berupa kegiatan keilmuan dan penalaran, minat dan kegemaran, serta penyediaan sarana kesejahteraan mahasiswa melalui aktivitas Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di tingkat universitas.

  1. Tanggung jawab Kemasyarakatan dan Kebangsaan
  1. Memantapkan diri sebagai masyarakat ilmiah yang peka terhadap permasalahan masyarakat dan bangsa yang sedang membangun.
  2. Menumbuhkan dedikasi dan kepeloporan dalam pembangunan masyarakat dan bangsa.
  3. Al - Islam dan Kemuhammadiyahan
    1. Kegiatan implementasi aqidah dan intelektual dalam kehidupan sehari - hari sehingga muncul sebagai figure yang memiliki intregritas kepribadian Muslim.
    2. Kegiatan pembaruan/perluasan pemikiran islam (Tajdidiyah) kea rah terbentuknya sarjana Muslim yang mujaddid dalam berbagai permasalahan yang memilki komitmen tinggi pada gerakan dakwah amar makruf nahi munkar.

?

  1. C. Sasaran Pengembangan Kemahasiswaan

Menetapkan sasaran pengembangan kemahasiswaan, terdapat berbagai rujukan yang hendaknya senantiasa dijadikan titik tolak, yaitu :

  1. Tujuan Pendidikan Nasioanal sebagaimana dirumuskan pada pasal 4 UU No. 2 tahun 1989 : ?Mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian, yang mantap dan mandiri serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.
  2. Tujuan Perguruan Tinggi Muhammadiyah seperti di rumuskan pada qaidah PTM SK PP Muhammadiyah Nomor 21 Tahun 1999 yakni: (1) Menyiapkan mahasiswa menjadi Sarjana Muslim yang beriman dan bertaqwa, berakhlak mulia, yang memiliki kemampuan akademik dan/ atau profesioanal, dan beramal menuju terwujudnya masyarakat utama, adil dan makmur, yang di ridhoi Allah SWT. (2) Mengamalkan, mengembangkan, menciptakan, menyebarkan ilmu pengetahuan, teknologi dan kesenian dalam rangka memajukan Islam dan meningkatkan kesejahteraan umat manusia.
  1. Kaidah, moral, dan etika ilmu pengetahuan.
  2. Kepentingan masyarakat.
  3. Aspirasi, harapan, minat, kegemaran dan perilaku pribadi sivitas akademika.

Berdasarkan titik tolak tersebut, maka sasaran umum pengetahuan kemahasiswaan di Universitas Muhammadiayah Sumatera Utara dapat di kelompokkan menjadi :

  1. Sasaran Umum
    1. Jiwa Pancasila: para mahasiswa sebagai warga Negara Indonesia perlu di didik dan dibina agar berjiwa pancasila, beriaman dan bertaqwa kepada tuhan yang maha esa serta berbudi luhur, berwawasan kebangsaan yang luas, terbuka dan mampu bermusyawarah serta memiliki tanggung jawab sosial yang tinggi.
    2. Kepemimpinan para mahasiswa diberikan peluang untuk mengembangkan diri melalui pengembangan organisasi, kegiatan komunikasi, latihan kepemimpinan dan manajemen yang terarah dalam rangka memantapkan sikap, wawasan, dan kemampuan kepemimpinan kader generasi muda bangsa pada masa depan.
    3. Dedikasi dan kepeloporan dalam pembangunan : para mahasiswa diberikan peluang untuk mengembangkan kemandirian melalui kegiatan - kegiatan yang kreatif dan inovatif serta produktif untuk mengamalkan dan mengabdikan ilmu pengetahuan dan teknologi serta seni bagi pembangunan masyarakat, bangsa dan negaranya.
    4. Ketahanan mental fisik: mahasiswa dididik dan dilatih untuk dapat memiliki ketahanan mental dan fisik yaitu sehat jasmani dan rohani, berkepribadian mantap serta memiliki rasa tanggung jawab dan di siplin yang tinggi yang selanjutnya dapat mendukung ketahanan perguruan tinggi dan pada gilirannya akan menunjang ketahanan nasioanal.
    5. Kepribadian Muslim: mahasiswa di didik dan dikembangkan agar menjadi intelektual berkepribadian Muslim, memiliki akhlaqul karimah dan komitmen yang tinggi terhadap perjuangan amar maruf nahi munkar.

?

  1. Sasaran Utama

Pengembangan kemahasiswaan Fakultas Ekonomi UMSU mempunyai sasaran utama untuk menunjang tercapainya tujuan Fakultas Ekonomi, tujuan UMSU, tujuan PTM dan tujuan pendidikan nasional. Pengembangan organisasi dan kegiatan ekstra kemahasiswaan merupakan pemberdayaan potensi dan aktualisasi diri mahasiswa.

?

  1. Sasaran Khusus
  1. Sikap ilmiah: para mahasiswa di didik dan dilatih agar memiliki:

-         Hasrat ingin tahu, dan belajar terus menerus

-         Daya kritis dan analisis yang tajam; Kejujuran

-         Rasa tanggung jawab yang tinggi

-         Keterbukaan terhadap pendapat baru, pendapat yang berbeda dan kritik

-         Sikap bebas dari prasangka

-         Orientasi ke masa depan

-         Sikap menghargai nilai, norma, kaidah dan tradisi keilmuan

  1. Sikap keahlian atau profesional: para mahasiswa perlu diberi motivasi agar memiliki :

-         Keinginan untuk mencapai tingkat kecanggihan yang lebih tinggi

-         Kemandirian dan kemahiran sesuai minat ilmu, bakat dan kemampuaan serta profesinya

-         Etika profesi yang tinggi

-         Kesejawatan yang tinggi

  1. Sikap profektif : mahasiswa dididik dan dikembangkan agar menjadi intelektual pemimpin yang bertaqwa kepada Allah SWT, berakhlak mulia, memiliki komitmen terhadap Islam dan melaksanakan dakwah amar makruf nahi munkar.
  2. D. Organisasi Kemahasiswaan

Organisasi Kemahasiswaan (Ormawa) merupakan wahana pengembangan diri mahasiswa yang diharapkan dapat meningkatkan penalaran dan keilmuan serta arah profesi mahasiswa, menampung kebutuhan, menyalurakan minat dan kegemaran, meningkatkan kesejahteraan, meningkatkan kemampuan kewirausahaan dan meningkatkan aqidah, ibadah dan akhlak mahasiswa. Mengingat para mahasiswa merupakan bagian dari sivitas akademika, maka organisasi kemahasiswaan tersebut perlu di susun berdasarkan prinsip ?dari, oleh, dan untuk mahasiswa?. Organisasi mahasiswa UMSU meliputi :

  1. Tingkat Universitas terdapat :
    1. Majelis Perwakilan Mahasiswa Universitas Muhammadiayah Sumatera Utara
    2. Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Muhammadiayah Sumatera Utara
    3. Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)
    4. Tingkat Fakultas terdapat:
      1. Dewan Perwakilan Mahasiswa Fakultas (DPM Fak)
      2. Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas (BEM Fak)
      3. Komisariat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Fakultas (Kom IMM Fak)

c. Tingkat jurusan terdapat Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ)

Disamping itu, di tingkat Propinsi Sumatera Utara terdapat organisasi yang berfungsi membina dan mengembangkan serta mengkoordinasikan berbagai bidang sebagai berikut:

  1. Badan Pembina Olah Raga Mahasiswa Indonesia (BAPOMI) untuk bidang olah raga.
  2. Badan Seni Mahasiswa Indonesia (BSMI) untuk bidang kesenian.

E. Jenjang Program Pengembangan Kemahasiswaan

Sejalan dengan perkembangan UMSU baik dalam aspek kuantitas maupun kualitas dan dinamika pergaulan nasional dan internasional dalam era globalisasi dan informasi, maka jenjang program pengembangan kemahasiswaan yang telah di tetapkan pemerintahan di ikuti semaksimal mungkin, antara lain terdiri dari :

  1. Program Tingkat Universitas
  2. Program Tingkat Wilayah yakni:

Wilayah A, meliputi: DKI dan Sumatera; Wilayah B meliputi; Jabar, Jateng, DIY dan Kalimantan; Wilayah C meliputi; Jatim, Bali, NTB, sulawesi, Maluku, dan Irian jaya.

  1. Program Tingkat Nasional

Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS), Pekan Olah Raga Mahasiswa Nasional (POMNAS), Pekan Seni Mahasiswa Nasional (PEKSIMINAS), dan sebagainya.

  1. Program Tingkat ASEAN, seperti: Pekan Olah Raga Mahasiswa ASEAN (POM ASEAN)
  2. Program Tingkat ASIA, seperti Pekan Olah Raga asia (POM ASIA)
  3. program Tingkat Dunia, Seoerti Universiade, dan sebagainya.

F.   Jenis Program Pengembangan

  1. Pengembangan Penalaran dan keilmuan, seperti :
    1. Forum Kajian Ilmiah Mahasiswa.

Program ini antara lain dimaksudkan untuk menanamkan sikap ilmiah, pemahaman tentang jenis dan prosedur kerja ilmiah. Kajian ilmiah tersebut dalam penyelenggaraannya untuk memperluas wawasan para mahasiswa. Melalui program ini, tradisi, nilai,dan etika akademika di sampaikan diklangan mahasiswa.

Bentuk kegiatan kajian ilmiah tersebut antara lain :

  1. Kuliah Umum (Studium Generale)
  2. Diskusi dan diskusi panel
  3. Simposium dan Kolokium
  4. Lokakarya
  5. Seminar
  6. Kajian pustaka/buku,dll

Penjelasan lebih rinci tentang bentuk kegiatan forum akademika tertuang dalam (Pedoman Umum Penyelenggaraan Forum Akademika) sebagai kegiatan ekstra kurikuler di Fakultas Ekonomi UMSU.

?

  1. Lomba Karya Ilmiah

Program ini dimaksudkan untuk meransang daya kreasi dan inovasi, meningkatakan minat kemampuan meneliti, membaca, menulis ilmiah serta bekerja dalam tim dikalangan mahasiswa.

Secara nyata beberapa Lomba Karya Ilmiah yang secara teratur dilaksanakan adalah:

  1. Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI)
  2. Lomba Karya Inovatif Produktif (LKIP)
  3. Lomba Karya Tulis Keagamaan
  4. Penyelenggaraan Seleksi Mahasiswa Teladan/berprestasi Utama
  5. Musabaqah Tilawati Qur?an (MTQ) Mahasiswa.

?

  1. Penerbitan Pers Mahasiswa

Program ini antara lain dimaksudkan untuk menyalurkan minat mahasiswa pada bidang jurnalistik dan memotivasi mahasiswa agar lebih gemarnmembaca dan mampu menulis secara ilmiah yang komunitatif.

?

  1. Penelitian Ilmiah

Program ini dimaksudkan untuk memberikan dasar ? dasar metodologi dan prosedur penelitian serta memberikan latihan/ penerapan teori yang telah di terima dalam sebuah praktik penelitian mahasiswa di bawah bimbingan Dosen. Hal ini penting sekali bagi pengembangan wawasan keilmuan, penalaran dan keilmuan mahasiswaan serta kecendikiawanan. Bahkan, program ini sekaligus menunjang kegiatan kurikuler mahasiswa.

?

  1. Kursus Bahasa Asing

Penguasaan bahasa asing bagi intelektual/cendikiawan termasuk mahasiswa sangat penting. Oleh karena itu, salah satu program kemahasiswaan untuk meningkatkan penguasaan bahasa asing khususnya bahasa inggris dan bahasa arab tersebut adalah Kursus Bahasa Inggris melalui Muhammadiyah University English Course (MUEC) dan Kursus bahasa Arab melalui lembaga bahasa (language centre).

?

  1. Program Pengembangan Kepemimpinan dan Manajemen
  1. Program ini sangat penting untuk menumbuhkembangkan potensi kepemimpinan dan manajemen di kalangan mahsiswa agar kelak siap terjun di realitas kehidupan sosial dengan mantap, peka, penuh kreativitas dan inisiatif. Program ini dilakukan dalam bentuk Latihan Ketrampilan Manajemen Mahasiswa (LKMM) tingkat dasar, menengah, dan lanjutan; latihan Retorika dan Protokoler, dan sebagainya.
    1. Pengembangan Ikatan Organisasi Mahasiswa Sejenis (IOMS) dan Organisasi Mahasiswa Antar Kampus. Program ini di maksudkan untuk menanamkan sikap ilmiah, pemahaman tentang arah profesi dan sekaligus meningkatkan terciptanya saling pengertian dikalangan mahasiswa badi tingkat regional maupun internasional, di samping itu memperluas wawasan kemampuan berorganisasi di kalangan mahasiswa.

Beberapa contoh IOMS antara lain :

1).  Ikatan Mahasiswa fakultas sejenis (IMFS) seperti :

  1. Ikatan Senat Mahasiswa Ekonomi Indonesia (ISMEI)
  2. Ikatan Senat Mahasiswa Psikologi Indonesia (ISEMAPSI)
  3. Ikatan Mahasiswa Geografi indonesia (IMAHAGI)

2).  Ikatan Himpunan Mahasiswa Jurusan (IHMJ) seperti :

  1. Ikatan Mahasiswa Teknik Mesin Indonesia (IMTMI)
  2. Ikatan Mahasiswa Akutansi Indonesia (IMAI)

?

  1. Program pembangunan olah raga, seni, dan ketrampilan mahasiswa

Program pengembangan minat dan kegemaran mahasiswa jenisnya banyak, namun yang pada umumnya terdapat perguruan tinggi antara lain :

  1. Olah Raga Mahasiswa

Program ini di maksudkan untuk menyalurkan minat, dan kegemaran mahasiswa, mengembangkan kemampuan berorganisasi dan kepemimpinan mahasiswa dan menumbuhkan aspirasi mahasiswa terbatas olah raga serta sekaligus memasyarakat dan untuk menumbuhkan kesehatan serta kesegaran jasmani mahasiswa di kampus perguruan tinggi. Adapun unit kegiatan mahasiswa bidang olah raga ini di umsu meliputi: tenis lapangan, tenis meja, bului tangkis, bola basket, bola volli, persatuan sepak bola umsu (PSMS), dan sebagainya. Juga olah raga bela diri antara lain : Tapak Suci, TAKO (karate).

  1. Kesenian Mahasiswa

Program ini antara lain dimaksudkan untuk informasi aspresiasi, kreativitas dan kecintaan mahasiswa pada seni dan budaya bangsanya dan budaya bangsa ? bangsa lain. Di UMSU terdapat UKM yang mengembangkan kesenian ini antara lain : Unit seni dan Film (USF) meliputi sastra, teater, paduan suara, dan sebagainya

  1. Resimen Mahasiswa

Program ini bersifat khusus dalam rangka mengikuti sertakan mahasiswa dalam upaya bela negara dan sebagai implementasi pendidikan pendahuluan bela negara sesuai dengan UUD 1945 pasal 30.

  1. Pencinta Alam

Program ini antara lain di maksudkan untuk menyalurkan minat mahsiswa yang mencintai lingkungan alamnya dan sekaligus membekali ketrampilan ? ketrampilan khusus bagi mahasiswa seperti memanjat tebing, mengarungi sungai, menyusuri goa, dan sebagainya. Di UMSU Unit kegiatan mahasiswa yang bergerak di bidang kepacintaan alam ini dinamakan Mahasiswa Pecinta Alam (MAPALA) UMSU.

?

  1. Program Pengembangan Kesejahteraan Mahasiswa

Berbagai program ini dan upaya untuk mengembangkan kesejahteraan mahasiswa antara lain, sebagai berikut:

  1. Beasiswa

Program ini dimaksudkan untuk membantu meningkatkan kesejahteraan mahasiswa yang kurang mampu ekonominya namun berprestasi akademik. Ada berbagai jenis, misalnya Beasiswa Supersemar, Peningkatan Prestasi Akademik, BBM, BBPM, TPSDP, Toyota dan Astra, Bank Syariah Mandiri, LKK UMSU, PTPN III.

  1. Mahasiswa Berprestasi

Antara lain dimaksudkan untuk memacu prestasi akademik dan keteladanan/kepeloporan mahasiswa di berbagai segi baik keilmuan, penalaran, budi pekerti/akhlaqul karimah, agama/peribadatan, maupun kepemimpinan dan manajemen sekaligus memberikan penghargaan dan kesejahteraan bagi mereka.

?

  1. Program pengembangan Al ? Islam dan Kemuhammadiyahan program ini antara lain untuk membantu meningkatkan aqidah, ibadah, dan akhlaqul karimah. Selain itu kegiatan juga diarahkan untuk peningktan komitmen dan tanggung jawab mahasiswa terhadap pesyarikatan Muhammadiyah dengan penyelenggaraan kegiatan yang bernafas keagamaan seperti peringatan hari ? hari besar Islam, MTQ, dll.

?

  1. Program pengembangan Kader Persyarikatan dan bangsa untuk melahirkan kader persyarikatan muhammadiyah dan kader pemimpin bangsa masa depan, dilaksanakan program pendidikan dan pelatihan (Diklat) kader. Diklat ini meliputi pengembangan intelektual/ kecendikiawanan, wawasan, keagamaan, kepemimpinan dan manajemen, retorika dan lain ? lain.

?

  1. Orientasi studi/ program pengenalan akademika bagi mahasiswa baru

Program ini dimaksudkan untuk memberikan dasar ? dasar pemehaman mengenai kehidupan dunia pendidikan tinggi, perguruan tinggi sebagai lembaga ilmiah dan kampus sebagai masyarakat ilmiah dengan segenap bangsa iklim dan budaya akdemikanya. Selain itu, program ini juga bertujuan untuk mengenalkan berbagai kebijakkan, sistem administrasi akademik, proses belajar mengajar, dunia kemahasiswaan, al ? islam/kemuhammadiyahan, kepemimpinan dan manajemen serta menanamkan rasa cinta dan bangsa terhadap almamater UMSU.

E.  Alumni Fakultas Ekonomi UMSU

Untuk mengetahui tingkat keberhasilan pendidikan, pengajaran dan pembinaan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, dapat dilihat dari alumninya. Oleh karena itu untuk mengetahui kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh alumni baik kegiatan-kegiatan di masyarakat maupun di instansi dimana mereka bekerja adalah sangat penting. Hal ini juga akan dapat dijadikan sebagai umpan balik untuk meningkatkan pendidikan pengajaran dan pembinaan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara dan digunakan sebagai langkah untuk meningkatkan kualitas dari alumni itu sendiri.

Pemberdayaan Alumni dalam rangka pengembangan kampus baik kuantatif maupun kualitatif, terus ditingkatkan. Pelatihan Memasuki dunia kerja (PMDK) bagi alumni Fakultas Ekonomi UMSU sudah dilaksanakan mulai tahun 2000. namun, perlu dimantapkan wadah ke organisasiannya, termasuk jaringan alumni di berbagai wilayah. Sehingga, alumni UMSU dapat memberikan konstribusi optimal pengembangan UMSU.

Untuk maksud tersebut maka alumni Fakultas Ekonomi UMSU dari berbagai Jurusan/program studi yang telah tersebar luas di seluruh pelosok tanah air baik yang bekerja di instansi-instansi pemerintah, instansi-instansi swasta maupun ABRI, perlu dihimpun dan dipersatukan, dalam suatu wadah yang mempunyai ikatan yang kuat dengan almamaternya yaitu Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara disingkat IKAE-UMSU (Ikatan Keluarga Alumni Ekonomi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara).

?

?

Pemutakhiran Terakhir (Kamis, 19 Mei 2011 16:19)

 

Info Akademik 2013